[TIPS] Ujian Openbook?

Saya baru mengenal istilah ‘ujian Openbook‘ saat baru jadi mahasiswa (kalau tidak salah). Awalnya saya mengira,”Enak ye yang ujian openbook… ga perlu ngafal, semua tersedia di buku, tinggal buka aja satu-satu.”

Belum selesai saya senyum-senyum, teman saya mengingatkan,”Ujian openbook tuh susah lho, jawaban pertanyaannya ga nemplok di buku, trus tinggal salin…. tetap harus pakai nalar dan analisis.”

Dan jadilah saya manggut-manggut. Tetep aja bersikukuh kalau ujian openbook itu ga perlu menghafal.

Setelah mengalaminya sendiri, ternyata ujian openbook itu susah-susah gampang (Banyak susahnya dong?). Eits, jangan takut, jangan cemas, percaya bahwa kalian pasti bisa! Gogogo!!! (Apaan sih?)

Dan inilah beberapa tips yang saya kumpulkan selama mengikuti ujian openbook ini :

  • Jangan remehkan ujian

Ini yang harus dicamkan pertama kali. Setiap ujian, semudah apapun kelihatannya,  tetap punya tantangannya tersendiri. Kalau udah meremehkan ujian, ujung-ujungnya bakal males buat belajar kan? Meremehkan soal ujian juga sama bahayanya. Bisa-bisa apa yang sudah kalian kuasai hilang entah kemana.

  • Jangan panik

Sama bahayanya dengan meremehkan/menganggap enteng. Kalau meremehkan adalah sifat tinggi hati, yang ini adalah sifat rendah diri.  Mereka yang panik akan langsung blank saat ujian, jawaban yang harusnya ketemu, jadinya ga akan ketemu. Dan hasilnya? Hmm… mungkin tidak begitu bagus.

  • Tetap belajar walaupun ujiannya buka buku

Yah..mungkin ga harus menghafal. Setidaknya kalian baca buku, perhatikan poin-poinnya, catat kalau perlu (tapi bukan buat jimat ya…). Orientasi sebelum ujian ini akan memudahkan kalian dalam mencari jawaban saat ujian karena kalian sudah tahu garis besar buku yang akan kalian gunakan.

  • Aljimatuminalsukses Jujur saat ujian

Jangan-pake-jimat! Bayangin deh, berapa waktu yang terbuang begitu kalian membuat jimat, lebih baik belajar dengan baik supaya ilmunya bisa tahan lama.

Trus, jangan tergoda untuk lirik sana-lirik sini, selain mengganggu konsentrasi, juga memancing pengawas/dosen untuk bertindak anarkis. Bukannya nilai bagus dengan cara jujur itu lebih baik dibandingkan dengan nilai jelek dengan cara curang? (Yang ini emang bener sih…)

  • Do’a + Usaha + Tawakal + Faktor X = Sukses

Selain usaha, jangan lupa do’a dan tawakal karena Allah yang menentukan nasib kita. Kalau kalian sukses, bersyukurlah. Namun, kalau kalian belum sukses, percayalah, hidup kalian ga akan berakhir, kok! Mungkin kalian harus mencobanya di lain kesempatan. Keep your spirit!

Oke, sekian dari saya, ada yang mau berbagi pengalaman atau menambahkan?

4 thoughts on “[TIPS] Ujian Openbook?

  1. thanks ya tipsnya ^^ membantu~~
    fiuh, temen-temen sekelasku semuanya nyontek. aku lagi diem pasti langsung diberondong pertanyaan. sampe males jawabnya. gak ngasih jawaban, dibilang pelit. ngasih jawaban, takut dosa. serba salah… #curhat

    Like

    1. sama2..senang bisa membantu Anda *eh?* Nisa maksudnya

      iya, kalau di Indonesia kayaknya susah juga menemukan institusi pendidikan yang nggak ada contek-menconteknya. Di kelas aku juga ada tuh. Makanya aku nyari tempat duduk yang jauh dari orang-orang kayak gitu, biar nggak terganggu pas ujian. Untungnya, akhir-akhir ini aku nggak ditanya2 lagi pas ujian

      Like

      1. beuh, mau jauh gimana? semuanya, setiap individu, setiap insan, setiap makhluk hidup di kelas aku semuanya nyontek. gak ada tempat buat lari. jadi terpaksa ngasih jawaban. kalau nanya sih nggak ^^

        Like

Leave a Reply

