[Food Journey] Nasi Goreng

Allrite, sebenernya, tadi malam saya bikin nasi goreng abal-abal gitu, memanfaatkan nasi yang tinggal dikit, trus bahan2 seadanya.

Ini resepnya:

Bahan:

Nasi 2 piring

Bawang bombay 1/4 siung

Bawang putih 1 siung

Daun bawang 1 tangkai

Seledri 1 tangkai

Cabe giling 1 sdt

Telur ayam 1 butir

Kecap asin 1-2 sdt

Kecap manis 1 sdm

Garam secukupnya

Lada putih secukupnya

Minyak goreng 2 sdm

Kalo ada udang, daging ayam, atau bakso, silakan dimanfaatkan (kalo saya sih pake udang)

Chef’s secret: Kemarin sih saya pake kuah gulai udang 1 sdm.. ^^

Garnish : irisan ketimun, tomat, selada, bawang goreng, sesuai selera.

Cara membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay, bawang putih sampai harum.

2. Masukkan daun bawang, aduk.

3. Tambahkan udang (plus kuah gulai udang).

4. Masukkan cabe halus, lada putih, kecap asin, garam, aduk sampai      semuanya rata.

5. Masukkan telur, aduk sampai berbutir-butir dan telurnya matang.

6. Masukkan nasi, aduk.

7. Tambahkan kecap manis, aduk.

8. Terakhir masukkan irisan seledri.

9. Angkat, sajikan selagi hangat. Tambahkan garnish sesuai selera.

Komentar mama : Enak (tapi nambahin sambal botol), trus garamnya kurang (waktu itu saya ngasih garamnya dikit sih)

Komentar ayah : Mana nasi gorengnya? Kok abis? (Saya ngeles, nasi gorengnya pake udang..hehehe)

Komentar saya: lada putihnya kebanyakan, jadinya lidah saya panas dah.

Selamat mencoba!

Advertisements

7 thoughts on “[Food Journey] Nasi Goreng

    1. iya, acak-acakan.. ngiris bawang aja payah, ga bisa tipis2 iya juga ya? bakal bagus kalau ada tomatnya 😀

      Like

      1. Kalo iris bawang ma memang kudu banyak praktek, cara biar ga bikin nangis juga. Hahaha…iyah. Tapi kadang kalo buat dimakan sendiri males juga bikin garnish bagus-bagus. Aku juga gag ahli kalo garnish..

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s