A Note from International Talk Show on Earthquake and Tsunami

DSC00416 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kemarin, BEM KM Unand bekerja sama dengan KOGAMI (Komunitas Siaga Tsunami) dan WASEND (Waseda Student Organization for the Education of Natural Disaster), mengadakan talk show internasional bertajuk “Pembelajaran Gempa Tsunami Jepang dan Kerelawanan Mahasiswa”. Acara diadakan di ruang seminar gedung F Universitas Andalas Kampus Limau Manis.

Saya dan teman saya datang sekitar pukul 08.30. Begitu sampai di sana,  kami mengisi daftar hadir dan menerima snack dan seminar kit berupa newsletter KOGAMI dan formulir pendaftaran untuk menjadi relawan KOGAMI.

Sesampanya di dalam ruangan, kami diminta untuk segera mengisi bangku paling depan. Kebetulan barisan depan sayap kiri masih kosong, jadi kami berdua duduk di sana. Namun, kami merasa tidak nyaman duduk di sana karena jarak pandang yang begitu dekat dengan layar presentasi. Karena itu, teman saya mengajak saya pindah ke barisan dua bagian tengah. Akhirnya, kami bisa mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Saya baru sadar bahwa yang duduk di depan kami adalah mahasiswa Jepang, itu pun setelah saya diberitahu oleh teman saya. Mereka sibuk dengan kegiatan masing-masing. Beberapa saat kemudian, salah seorang mahasiswa Indonesia datang dan mengisi tempat duduk di depan kami.Ia berkenalan dengan salah seorang dari mereka dengan bahasa Jepang, membuat kami berdua merasa iri. Tak lama setelah itu, salah seorang mahasiswa Indonesia juga datang dan ia berbincang-bincang dengan mahasiswa Jepang yang duduk di sebelahnya.

Dan di bawah ini adalah susunan acara talk show ini.

08.53 – 08.56: Pengarahan dari salah seorang relawan KOGAMI

08.56 – 08.57:Pembukaan dari pembawa acara

08.57 – 09.04: Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

09.05 – 09.07 : Menyanyikan lagu Indonesia Raya

09.08 – 09.12 : Kata sambutan dari Presiden BEM KM Unand

09.12 – 09.20 : Kata sambutan dari Direktur Eksekutif KOGAMI

09.21             : Kata sambutan sekaligus pembukaan dari Asisten Pembantu Rektor III Unand

09.37             : Pembacaan do’a

09.41             : Pembukaan acara talk show oleh moderator

09.43             : Sesi I – Materi dari Patra Rina Dewi (Direktur Eksekutif KOGAMI) tentang gempa, tsunami, dan KOGAMI

10.30             : Sesi II – Materi dari WASEND tentang kerelawanan mahasiswa

11.20             : Sesi tanya jawab

 

Acara berlangsung lancar dan kondusif dan ada beberapa hal yang membuat acara ini semakin menarik.

  • Pembukaan dari Asisten PR III Unand. Ternyata beliau pernah belajar di Universitas Osaka. Beliau menyampaikan kata sambutan yang diselingi dengan bahasa Inggris dan bahasa Jepang (yang  beliau akui tidak lagi begitu lancar). Beliau mengenalkan mahasiswa Indonesia yang duduk di barisan paling depan, bagian tengah, sebagai penerjemah (interpreter) dan bahkan meminta bantuan kepada seseorang yang dianggap sebagai ‘ketua’ penerjemah karena kemampuan bahasa Jepang nya sangat baik, ditambah lagi ia sedang studi di Jepang.

  • Materi dari Ibu Patra Rina Dewi, Direktur Eksekutif KOGAMI, yang juga merupakan murid bapak Asisten PR III Unand. Beliau mampu menyampaikan materi dengan sangat baik dan tidak terpaku pada slide presentasi.

  • Dan last but not least, tentu saja mahasiswa Waseda University yang menjadi salah satu motivasi saya untuk mengikuti acara ini. Mereka mengawali sesi II dengan perkenalan diri, sedikit candaan “’kalau mahasiswa di sini mau bertemu dengan cewek-cewek Jepang yang cantik”,  dan salah seorang dari mereka mengakhiri sesi nonformal nya dengan kalimat “ah, maaf, saya rasa cukup bercandanya, sekarang kita masuk ke materi”. Mereka memperkenalkan diri dengan bahasa Indonesia. Materi disampaikan dengan bahasa Jepang dan untungnya ada ‘ketua penerjemah’ yang melakukan tugasnya dengan sangat baik sehingga peserta dapat memahami isi materi.

Dan terakkhir sebelum penutup, kami menonton video yang menggugah tentang korban dan kerusakan akibat gempa dan tsunami di Jepang, 11 Maret lalu. Namun, sayangnya ada kesalahan teknis yang menyebabkan suara latar video seperti terputus-putus. Tetapi tidak masalah, videonya masih bisa dinikmati dengan baik.

Intinya, acara ini sangat menarik dan alhamdulillah, saya berkesempatan untuk mengikuti talk show ini. Kapan lagi kita bisa menambah pengetahuan sekaligus menambah pengalaman?

Oya, berikut adalah foto-foto yang saya peroleh selama acara berlangsung. Maaf kalau kualitasnya masih rendah.

DSC00417DSC00419DSC00418    DSC00420

Baiklah, untuk materi dari kedua sesi akan saya tulis di postingan berikutnya.

Ingin membaca perspektif lain tentang acara ini? Silakan baca di sini

Advertisements

4 thoughts on “A Note from International Talk Show on Earthquake and Tsunami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s