First Step!

58

Alhamdulillah, perlahan langkah itu semakin jelas.

Tadi, seorang teman memberitahu saya bahwa daftar pembimbing I untuk tugas akhir (TA) sudah keluar dan kami mendapatkan pembimbing yang sama. Tidak puas dengan mendengar saja, saya bela-belain turun dari lantai III gedung fakultas menuju lantai I untuk melihat pengumuman tersebut secara langsung. Ternyata benar, pembimbing I TA saya sama dengannya walaupun judul penelitian kami berbeda.

Dengan keluarnya pengumuman tersebut, perasaan saya menjadi sedikit lebih lega. Sebelumnya saya sudah beberapa kali berkonsultasi kepada salah seorang apoteker di RSSN Bukittinggi. Awalnya saya mengajukan judul, tetapi beliau menyarankan saya untuk meneliti tentang stroke berulang. Topik yang cukup berat menurut saya, mengingat saya tidak begitu memahami seluk – beluk stroke. Namun, waktu itu saya menerima ‘tantangan’ itu, well, selain karena menantang, saya juga tidak punya pilihan lain. Kemudian, saya juga meminta rekomendasi pembimbing I TA kepada salah seorang dosen, dan untungnya beliau bersedia walaupun tidak ada jaminan untuk itu. Saya bahkan juga membuat rancangan proposal walaupun pembimbing TA saya belum pasti dan bahkan ada kemungkinan saya ‘didepak’ ke bidang lain yang tidak menjadi pilihan saya. Akan tetapi, karena dorongan dari orang tua juga calon pembimbing saya, saya berhasil menyelesaikannya walaupun masih banyak kekurangan.

Alhamdulillah, Allah telah menyelamatkan saya dari kegalauan sesaat yang sempat melanda saya beberapa hari yang lalu. Bagaimana kalau bukan beliau yang menjadi pembimbing saya? Bagaimana kalau apa yang saya lakukan selama ini sia-sia? Bagaimana kalau saya ‘terlempar’ ke bidang lain yang sama sekali tidak saya minati? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengusik pikiran saya dan akibatnya, semangat saya sempat menurun beberapa persen.

Akhirnya, hari ini, doa saya terjawab sudah. Langkah pertama sudah saya lewati. Tidak ada lagi keraguan, tidak ada lagi alasan untuk mundur. Saya akan terus maju untuk menempuh langkah-langkah selanjutnya.

Untuk teman-teman seperjuangan, tetaplah bersemangat!

ネバーギブアップ!

6 thoughts on “First Step!

Leave a Reply

