Laporan? Siapa Bilang Tidak Perlu?

Di tengah-tengah rasa malas dan enggan yang masih melingkupi saya malam ini (padahal besok hari pertama UAS), saya membaca sebuah tweet:

Mimin rasa tdk ada gunanya laporan praktikum. Aplg kl trnyt hny copas thn sebelumny. Lbh baik adakan tanya jawab sblm dan ssudah praktikum

Saya mengernyitkan dahi, merasa kurang sependapat dengan pendapat tersebut.

Mungkin beliau berpendapat seperti itu karena banyaknya kecurangan yang dilakukan oleh praktikan dalam menulis laporan praktikum. Misalnya mencontek laporan senior, memalsukan daftar pustaka, menyalin laporan teman, dan sebagainya. Namun, bagi saya, hal-hal seperti itu bukanlah alasan untuk meniadakan laporan praktikum.

Memang, laporan praktikum tidak ada gunanya bila tidak dibuat dengan usaha sendiri serta berlandaskan kejujuran. Namun, ketika praktikan bisa melakukan hal itu, bukankah akan lebih baik? Ketika praktikan mampu menulis laporan praktikum dengan baik, sesungguhnya ia sedang belajar menjadi seorang peneliti.

Peneliti yang baik adalah mereka yang terbiasa menulis dan mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya. Mau jadi apa praktikan bila mereka tidak dibiasakan untuk berpikir dan bersikap ilmiah? Bila mereka tidak diharuskan membuat laporan praktikum, akankah mereka mengetahui bahwa setelah pendahuluan ada landasan teori, diikuti oleh prosedur kerja, hasil dan pembahasan, serta penutup? Akankah mereka mampu untuk memenuhi kriteria tertentu seperti menulis landasan teori minimal 3 halaman dan pembahasan minimal 1,5 halaman? Mampukan mereka menulis karya ilmiah lainnya (terutama skripsi) bila mereka tidak dibiasakan untuk menulis laporan praktikum?

Saya rasa jawabannya adalah tidak.

Untuk itu, saya rasa yang perlu dilakukan oleh asisten adalah mengontrol laporan praktikum secara ketat. Mungkin dengan menetapkan sanksi tegas bila ada kecurangan. Atau, seperti bunyi tweet di atas, menguji pengetahuan praktikan dengan tanya jawab lisan.

Namun, tidak dengan meniadakan laporan praktikum.

Sekian tulisan saya malam ini. Maaf bila menyinggung beberapa pihak (terutama admin yang menulis tweet tersebut).

<Sepertinya naluri kritikus saya sedang kumat malam ini>

Advertisements

4 thoughts on “Laporan? Siapa Bilang Tidak Perlu?

  1. eaa..dahsyat.
    memang kalau malasnya kumat, disuruh bikin laporan itu SESUATU banget.
    apalagi kalau kita belum nemu manfaatnya laporan itu dibikin.
    an smpat gak ngerti juga buat apa laporan dibikin kalau laporannya dikumpul ke dosen dan gak pernah dikembaliin ke kita buat dibaca lagi. an pikir mubazirrr.
    mungkin tweet itu hanya unek2 kekesalan beliau mi, hhaha *maklum mahasiswa..hha

    Like

    1. hehe
      iya, kalau malas mah biasa an… apalagi semester 2 dan 4 praktikumnya ada 4…mau tepar rasanya 😦
      iya sih, sayangnya laporan itu ada yang nggak dikembaliin
      haha..mungkin iya juga 😀

      Like

  2. Hallo kakak.
    Salam kenal.
    .Ini pendapat piloo sebagai siswi sma, calon mahasiswa.
    .
    .
    Di Sma, praktek yang paling sering biologi. Tiap 2 minggu ada aja laporan prakteknya. Sempat kena hukum gara-gara nggak ngumpul laporan 1 bulan. Awalnya berfikir, apa gunanya bikin laporan yang akhirnya nyontek punya teman? Atau yang isi nya sama semua. Gak ada bedanya.
    .
    Baru sadar waktu ujian. Apalagi sama guru mapel bio selalu ujian lisan.
    .
    Meski terkadang ngumpat nggak jelas di belakang karena tugas laporan yang menggunung dari berbagai praktek pelajaran, pasti ada sisi positif nya. Piloo selalu mencoba berfikir positif, walau sulit.
    .

    Like

    1. hai piloo…
      wah, salut nih, yang penting emang berpikir positif 😀 kalau ngeluh sih kk juga pernah ngeluh, apalagi pas praktikum lagi banyak-banyaknya, tapi ya itu, harus memotivasi diri sendiri
      keep positive thinking ya 😀

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s