[Award] Pharmacist Blogger Award

benerrr euy

Maaf SS, baru buka fb, jadi baru liat notif dan ternyata nama saya di-tag di postingan ini.

Makasih atas award-nya! Makasih juga Kak Fathel yang telah memberikan award ini kepada SS sehingga award ini akhirnya sampai ke tangan saya. 😀

Tema award ini adalah SUARAKAN PERUBAHAN melalui BLOG, demi FARMASI yang LEBIH BAIK!”. Jadi, syarat yang diberikan oleh SS kali ini adalah:

TULISKAN OPINIMU, CURHATMU, KE-MIRIS-AN mu, KECINTAAN MU, pokonya apapun ituuu tentang DUNIA FARMASI, lalu ajaklah teman FARMASIS BLOGGER lainnya untuk menuliskan opininya juga dengan meneruskan award ini kepada temen farmasis blogger laiinya… Pokonya ajak temen blogger lainnya yaah (sekurang-kurangnya satu blogger).

Hmm, saya harus mulai dari mana ya?

Saya sendiri tidak pernah menyangka bisa terjebak di dunia farmasi. Kenapa? Rasanya tidak perlu saya bahas lagi, itu cerita lama. 😀

Menurut saya, farmasi adalah salah satu cabang ilmu kesehatan yang sangat penting dan nggak akan tergantikan oleh ilmu-ilmu lain sekalipun. Termasuk dokter yang saya akui punya ruang lingkup otoritas terluas di dunia kesehatan, mulai dari diagnosis sampai terapi, baik itu terapi farmakologi sampai terapi invasif.

Dibandingkan tugas profesional kesehatan lainnya yang boleh ‘memegang’ pasien, farmasis mungkin kalah. Tetapi, soal obat dan rekomendasi terapi farmakologis, farmasis punya wewenang.

Peran farmasis yang bertugas di ranah non klinis sendiri sebenarnya sangat luas. Ada yang berkutat di bidang farmasi bahan alam, menemukan senyawa-senyawa berkhasiat yang tersembunyi di balik berbagai jenis bahan alam. Ada yang memilih untuk memberdayakan mikroba sebagai sumber terapi alternatif. Ada yang memilih untuk memutar otak, melakukan elusidasi struktur, mempelajari proses sintesis dan biosintesis. Ada yang meneliti respons hewan uji terhadap senyawa berkhasiat tertentu. Ada pula yang berusaha keras untuk membuat formula baru, hingga bentuk sediaan yang dapat diterima pasien dan memberikan efek optimal. Ada pula yang melakukan kontrol kualitas dan kuantitas terhadap sediaan yang telah dirancang.

Kesemua hal-hal yang dilakukan para farmasis hebat di laboratorium tersebut bermuara pada satu hal yaitu menyediakan sediaan farmasi yang baik dan berkualitas prima bagi konsumen (pasien). Nah, untuk mencapai tujuan tersebut agar aman, tepat sasaran, rasional, dan efisien, para farmasis klinis lah yang menggawanginya.

Kesimpulannya, farmasi dan farmasis itu keren, ‘kan?

Hanya saja, sepertinya di negara tercinta kita ini, Indonesia, para farmasis hebat ini memiliki tujuan dan kepentingan masing-masing. Padahal, bila seluruh farmasis di Indonesia mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia, mungkin akan lebih baik.

Saya pernah mendengar cerita dari salah seorang dosen bahwa kelemahan farmasis di Indonesia adalah ‘tidak solid’. Farmasis yang bekerja di industri memiliki kepentingan berbeda dengan farmasis yang bekerja di rumah sakit. Farmasis bahan alam terkadang berlawanan dengan farmasis yang ahli farmakologi. Bahkan di kampus saja, dosen-dosen sering berbeda pemahaman, baik dalam bidang ilmu yang sama atau pun lintas bidang ilmu. Ujung-ujungnya, mahasiswa yang dirugikan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Menurut dosen saya (lagi), organisasi profesi yang menaungi apoteker bisa dikatakan lemah bila dibandingkan dengan organisasi profesional kesehatan lainnya. See? Ini bukti ketidakkompakan farmasis Indonesia.

Jadi, bila kita, calon farmasis generasi penerus bersikeras ingin memajukan dunia farmasi, ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, atau ingin menjadi rekan sejawat dokter, benahi dulu diri kita. Perkuat dasar pengetahuan, lanjutkan dengan penelitian, lalu buktikan dengan pengabdian pada masyarakat. Buktikan bahwa farmasis tidak sekadar ada, tetapi juga hidup dan bekerja sama dengan profesional kesehatan lainnya.

Hmm, mungkin sekian opini saya. Bila ada kesalahan, saya mohon maaf dan mohon diluruskan karena saya masih mahasiswa yang belum tahu apa-apa tentang dunia di luar sana.

Oya, award ini akan saya berikan kepada:

Silakan dijemput dan selamat kepada penerima award! 😀

Advertisements

6 thoughts on “[Award] Pharmacist Blogger Award

      1. iya, dibandingkan postingan si pemberi award, kayaknya postingan aku lebih serius deh 😀
        haha..makasih 😀 ditunggu postingannya mas

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s