[Review] 11 nin mo iru!

350px-11ninmoiru http://wiki.d-addicts.com/11_Nin_mo_Iru!

(informasi tentang cast dan sinopsis singkat bisa dilihat di sini)

Secara garis besar, drama ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari keluarga Sanada yang beranggotakan sepuluh orang. Tunggu, sepuluh orang? Lalu kenapa judul filmnya 11 nin mo iru! (juuichi nin mo iru)? Karena ‘orang’ yang ke 11 tiba-tiba datang ke rumah mereka. Well, bukan orang sebenarnya, melainkan hantu! Lah, kok, nggak masuk akal? Simpan dulu jawaban untuk pertanyaan itu dan silakan nikmati sendiri drama ini.

Drama ini merupakan salah satu drama favorit saya dan bikin ‘nagih’. Salah satu alasannya karena drama ini lucu! Bukan karena lelucon yang dibuat-buat, melainkan karena lelucon khas keluarga, yang kadang timbul dari hal-hal sederhana dan tidak disengaja. Singkat kata, drama ini natural.

Meskipun lucu, drama ini tetap bermakna karena setiap episode menceritakan masalah setiap anggota keluarga. Episode 1 adalah perkenalan, episode 2 menceritakan masalah anak kedua, begitu seterusnya sampai episode keenam yang menceritakan masalah si kembar, anak ke-6 dan ke-7. Episode 7 menceritakan rahasia dibalik istri pertama sang ayah, episode 8 menceritakan masalah sang ibu, dan episode 9 (terakhir) menceritakan masalah besar yang nantinya dialami keluarga mereka, tetapi disusul oleh sebuah langkah yang mengubah hidup mereka dan menginspirasi orang lain. Tak kelupaan, happy ending! Sementara itu, cerita tentang anak pertama (Kazuo) tersebar secara merata di seluruh episode, demikian juga halnya dengan anak terakhir (Saigo) karena dia adalah narator dalam drama ini.

Selain menceritakan masalah setiap keluarga dan penyelesaiannya, hal yang menarik bagi saya adalah karakter keluarga dan tipe masalahnya. Karakter yang unik dan realistis, serta masalah keluarga yang juga realistis. Selain itu, sepertinya sang penulis naskah menjadikan drama ini sebagai alat kritik sosial (entahlah, mungkin saya sok tahu). Masalah tentang ayah yang tidak punya pekerjaan tetap, ibu yang memiliki kafe tetapi sepi pengunjung, anak pertama yang merasa bertanggung jawab dan mencari nafkah demi keluarganya, dan sebagainya. Masalah bullying, idol contest, nude model, hingga seks bebas yang mungkin bukan hal yang tabu di Jepang. Bagaimana keluarga ini menghadapi berbagai masalah tersebut dan memberi pesan moral secara tidak langsung tanpa bermaksud menggurui penonton, hal inilah yang menjadi poin tambahan dalam drama ini. Uniknya lagi, di tengah atau akhir episode, diselipkan pesan moral dalam bentuk nyanyian oleh Paman Hiroyuki.

Saking menariknya drama ini, saya kesulitan menemukan kelemahan yang terdapat di dalamnya. Mungkin episode 9 yang terasa terlalu cepat bagi saya.

Hmm, kalau harus memberi rating, mungkin saya akan memberi 9,5/10. Jangan dipercaya begitu saja, karena saya perempuan yang cenderung subjektif dalam berpendapat. Silakan ditonton bila Anda merasa tertarik dan berikan rating sendiri.

Selamat menikmati!

Advertisements

4 thoughts on “[Review] 11 nin mo iru!

  1. aah dorama ini emang keren~ my favorite dorama karena emang isinya ga melulu masalah percintaan dan kelebayan (?) *meskipun ekspresi Ryuu disini lebay maksimal* wkwkw
    satu2nya yang ga suka itu karena ada beberapa adegan yg terlalu gamblang kali ya -_- *inget pas adegan bapaknya moto model porn* LOL

    btw, sukaa banget sama gaya bahasanya :3 reviewnya padet dan tepat sasaran (?) kekeke~
    dan btw lagi salam kenaaal~ kekek *dateng2 langsung nyampah aja* ._.v
    *maap ya tadi lagi blogwalking ketendang kesini* heheheh 😄

    Like

    1. haha, kalau ekspresi Ryuu nggak lebay maksimal, asiknya dorama ini jadi berkurang dong 😀
      aaahhh, iya iya, lupa nyebutin adegan itu, karena pas nontonnya aku nggak (mau) terlalu fokus kali ya?
      makasih makasih..hihi
      salam kenal, aku kakaknya lele 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s