Gimana sih Cara Menggunakan Obat Mata yang Benar?

clip_image002Siapa yang tidak pernah sakit mata ayo ngacung….

Sepertinya tidak ada, ya? Walaupun bukan sakit mata yang parah sehingga menyebabkan penderitanya belekan dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang lama, setidaknya pernah mengalami mata perih, gatal, dan merah akibat iritasi mata, ‘kan? Nah, kalau dirasa mengganggu, biasanya barang yang langsung dicari adalah obat tetes mata yang dijual bebas di apotek. Lain halnya bila sepasang jendela dunia ini sudah mengalami infeksi yang cukup berat, terkadang dokter meresepkan salep mata untuk mengobatinya.

Di iklan-iklan televisi, sang bintang iklan biasanya langsung menggunakan obat tetes mata dengan cara meneteskannya pada bola mata, yang sebenarnya tidak tepat. Penggunaan satu jenis obat tetes mata untuk dipakai bersama juga tak jarang terjadi. Tak banyak yang tahu bahwa hal tersebut dapat menyebabkan penularan penyakit. Mungkin di antara kita ada yang masih menyimpan obat tetes mata yang dibeli beberapa bulan lalu dengan alasan belum melewati tanggal kadaluarsa. Padahal, dalam jangka waktu lebih dari 1 bulan, obat mata tidak terjamin lagi sterilitasnya.

Jadi, bagaimana seharusnya?

Berikut adalah petunjuk penggunaan obat tetes mata dan obat salep mata yang benar. Informasi ini saya ambil dari buku Panduan Penggunaan Obat Bebas dan Obat Terbatas yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan tahun 2006 dan dari salah satu situs online.

  • Untuk mencegah kontaminasi (pencemaran), ujung wadah obat tetes mata jangan terkena permukaan benda lain (termasuk mata) dan wadah harus tetap tertutup rapat sesudah dipakai.
  • Cara pemakaian obat tetes mata atau obat salep mata : Mula-mula cucilah tangan Anda. Tengadahkanlah kepala, tarik kelopak mata bagian bawah. Teteskan/oleskan obat dan perlahan-lahan tutup mata Anda. Jangan berkedip. Biarkan mata tertutup selama 1 sampai 2 menit.

clip_image002[11]clip_image002[13]

  • Setelah menggunakan obat tetes mata atau obat salep mata, cucilah tangan anda kembali untuk membersihkan sisa obat.
  • Obat tetes mata dan obat salep mata yang telah terbuka dan dipakai jangan disimpan lebih dari 30 hari untuk digunakan lagi, karena kemungkinan sudah tidak bebas kuman atau rusak.
  • Untuk menghindari infeksi, jangan gunakan obat tetes mata atau obat salep mata pada lebih dari satu orang/secara bergantian.
  • Bila menggunakan obat tetes mata dan salep mata, gunakanlah obat tetes mata terlebih dahulu, 5 menit kemudian baru oleskan salep mata.
  •  

    Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa, minta apoteker untuk menjelaskan informasi obat kepada Anda.

Advertisements

2 thoughts on “Gimana sih Cara Menggunakan Obat Mata yang Benar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s