Alhamdulillah, S.Farm., Apt.!

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setelah sekian lama hiatus, saya datang untuk berbagi kabar gembira. Kalau dipikir-pikir, rasanya lega sekaligus gimana ya? Ada sedikit rasa nggak pantas mengingat bagaimana saya menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen penguji saat ujian negara apoteker.

Ujian apoteker ini juga ujian yang diwarnai oleh air mata dan kecemasan yang meningkat beberapa kali lipat dibandingkan dengan ujian sarjana. Bagaimana tidak? Celah untuk tidak lulus ujian ini jauh lebih banyak, dimana seorang mahasiswa bisa saja tidak lulus karena memberikan jawaban yang salah untuk pertanyaan yang krusial. Topik yang diujikan juga cukup luas, mulai dari seputar praktek kerja profesi apoteker yang dijalani, pengetahuan umum, dan sains farmasi (yang sepertinya banyak terlupakan oleh mahasiswa apoteker).

Berbeda dengan ujian sarjana, penentuan kelulusan ujian tidak dilakukan langsung setelah ujian, tetapi saat yudisium. Misalnya saja, saya yang ujian tanggal 18 Juli 2013 harus bersabar menunggu sampai yudisium diadakan tanggal 25 Juli 2013. Dan selama itu pula saya dihantui kecemasan dan tidak bisa melakukan apa-apa lagi selain berdo’a dan berserah.

Yudisium diawali dengan sepatah kata oleh Dekan Fakultas Farmasi, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan amplop hasil ujian. Amplop ujian diserahkan oleh Pengelola Program Profesi Apoteker UNAND kepada setiap mahasiswa secara bergantian. Mahasiswa dipersilakan untuk langsung keluar dan membuka amplop tersegel itu untuk mengetahui apakah ia dinyatakan lulus sebagai apoteker atau tidak.

Alhamdulillah, inilah hasil yang saya terima:

29072013

Mungkin hasil ini juga tidak akan dapat saya peroleh tanpa do’a dari orang tua, saudara, keluarga, sanak famili, teman-teman, para dosen, dan orang-orang yang saya kenal ataupun yang mengenal saya. Terima kasih atas do’a yang diberikan :D.

Next step, Insya Allah, saya akan melanjutkan S2 yang sebenarnya merupakan bagian dari double program yang saya jalani sejak mulai kuliah apoteker.

Oya, mohon maaf lahir dan bathin semuanya.

8 thoughts on “Alhamdulillah, S.Farm., Apt.!

Leave a Reply

