[Review] Goddess of Heart dan Hide and Seek

Goddess of Heart

Goddess of Heart merupakan salah satu fanfiction yang dibuat berdasarkan ide dari salah seorang pembaca Salad Bowl dalam proyek Salad Bowl Fan Fiction Challenge. Kim Jaejoong, Lee Donghae, Park Sandara, Zhang Yixing menjadi cast dalam cerita ini, juga Lana Wu, karakter orisinil ciptaan Kak Dista, author dari cerita ini.

Idenya cukup unik, setidaknya itu menurutku yang belum pernah menemukan plot seperti ini dalam serial kedokteran yang pernah kutonton. Para tokoh terlibat dalam acara malam gala yang sebenarnya bertujuan untuk mengincar dana dari berbagai donatur. Jangan bersangka buruk dulu, dana ini digunakan untuk menyelamatkan rumah sakit tempat mereka bekerja dari ancaman ketidakstabilan ekonomi dan pergantian direksi.

Beberapa istilah kedokteran digunakan dalam fanfiction ini, membuatnya terkesan kuat dan realistis. Pembaca tidak akan dibuat bingung karena Kak Dista menjelaskan istilah-istilah tersebut dengan baik dan menyatu dengan cerita.

Karakter Sandara Park (Sandara, Dara) sebagai tokoh utama digambarkan sebagai wanita yang kuat dan tidak mau kalah, sesuai dengan judul cerita ini. Ia merupakan dokter spesialis bedah kardiotoraks, yah, suatu profesi yang tidak main-main, berurusan dengan pisau bedah dan kondisi gawat, bahkan nyawa. Karakter wanita yang terlalu lemah lembut tentunya tidak akan sesuai dengan cerita ini. Lalu, Lee Donghae, rekan Dara yang begitu percaya diri dengan kemampuan advokasinya (entahlah, aku menangkapnya sebagai sosok pria yang punya potensi kuat untuk meluluhkan wanita dalam sekejap, bahkan membuat mereka tak segan-segan untuk mengeluarkan selembar cek bernilai jutaan won hanya dengan beberapa patah kalimat) cukup pas untuk mengimbangi karakter utama. Serta Kim Jaejoong, senior Sandara Park saat masih menjadi mahasiswa kedokteran, dan kini telah menjabat posisi puncak di sebuah rumah sakit, yang memiliki pola pikir berbeda jauh dengan Dara.

Aku menikmati setiap dialog dalam cerita ini. Interaksi antara Dara dan Donghae menguarkan aura yang berbeda dengan interaksi antara Dara dan Jaejoong. Dara-Donghae terlihat seperti rival meskipun dalam cerita digambarkan bahwa Donghae menaruh harapan pada Dara untuk membalas perasaannya. Sementara itu, Dara-Jaejoong lebih terlihat matang dan kalem. Jaejoong merupakan masa lalu kisah cinta Dara, tetapi ia bersedia mengucurkan dana untuk Dara tanpa perlu banyak negosiasi. Dengan perbedaan mendasar itu, tetap saja, Donghae dan Jaejoong sama-sama tidak berkutik di hadapan Dara.

Aku tidak menemukan kelemahan sejauh ini, selain sedikit masalah ejaan. Yah, tidak begitu mengganggu sebenarnya.

Dua jempol untuk cerita ini karena aku salut dengan Kak Dista yang bisa membuat cerita romantis dengan karakter wanita yang kuat seperti Sandara ini. Siapa tahu kalian yang membacanya terinspirasi untuk menjadi penakluk jantung, uh, maksudku, dokter bedah kardiotoraks seperti Sandara Park. Atau dokter bedah anak seperti Donghae. Menjadi dokter bedah saraf seperti Jaejoong juga keren, kurasa.

Bila setelah ini kalian malah ingin menjadi penakluk hati lawan jenis…yah, aku tidak bisa berbuat banyak untuk hal itu.

Tertarik membaca fanfiction ini? Silakan membacanya di sini.

Selamat membaca!

*****

Hide and Seek

Hide and Seek ini merupakan salah satu fanfiction yang dibuat berdasarkan ide dari salah seorang pembaca Salad Bowl dalam proyek Salad Bowl Fan Fiction Challenge. Fanfiction ini menggunakan personil Alice Nine sebagai cast dan mengangkat topik permainan hitori kakurenbo sebagai dasar plotnya.

Saat aku membaca komentar yang mengusulkan ide ini, jujur saja, aku langsung tertarik karena selain menantang, juga unik (baik dari segi genre maupun cast). Aku memang bukan fans Alice Nine, jadi tidak tahu banyak tentang mereka, begitu juga dengan hitori kakurenbo. Beruntunglah pembaca tersebut menyertakan tautan artikel yang membahas permainan ini. Hitori kakurenbo, atau secara sederhana bisa diartikan sebagai petak umpet yang dimainkan sendirian (hide and seek by yourself) ini merupakan permainan yang sarat unsur mistis dan, yah, cukup membuat bulu romaku merinding hanya dengan membaca beberapa testimoni orang-orang yang sudah pernah memainkannya.

Nah, bayangkan saja bagaimana reaksiku saat mengetahui bahwa ide fanfiction ini akhirnya diwujudkan menjadi suatu cerita. Girang bukan kepalang dan sekaligus penasaran, seperti apa sih ceritanya?

Fanfiction ini ditulis oleh Kak Opat, salah seorang author Salad Bowl, dengan baik dan tidak memusingkan. Entahlah, mungkin karena aku sudah membaca penjelasan tentang permainan hitori kakurenbo ini, jadi membayangkan cerita ini bukanlah hal yang sulit. Deskripsinya sendiri cukup sederhana dan tidak terlalu berat, sesuai dengan ceritanya yang menggunakan karakter anak-anak (Hiroto sebagai anak berumur 8 tahun), dan karakter remaja (Tora, Saga, Shou, dan Nao yang berusia 14 tahun). Ketegangannya cukup terasa, terutama saat Hiroto dan Tora terkunci di dalam kamar, dan saat mereka akhirnya keluar, malah boneka yang digunakan dalam permainan ini juga tidak ditemukan. Lalu televisi yang hidup mati sendiri dan hilangnya jejak dua orang tokoh dalam cerita. Kak Opat memilih untuk mengakhiri cerita ini dengan ending yang menggantung, dalam arti lain, kesimpulan diserahkan pada masing-masing pembaca.

Untuk membantu para pembaca memahami istilah bahasa Jepang yang digunakan, Kak Opat menyertakan catatan kaki di akhir cerita. Proporsi istilah asing yang digunakan juga tidak terlalu banyak dan bisa dipahami secara tidak langsung dari narasi dalam cerita. Hanya saja, masih ada beberapa istilah yang tidak dicetak miring dan sedikit kesalahan dalam penggunaan tanda baca.

Singkat kata, fanfiction ini menarik dan menegangkan. Cobalah membacanya pada malam hari, mendekati atau sedikit lewat dari tengah malam juga ide yang cukup bagus. Ingin suasana lebih seram? Mungkin kalian bisa membacanya sambil mendengarkan soundtrack film horor favorit.

Tertarik membaca fanfiction ini? Silakan membacanya di sini.

Selamat membaca!

Advertisements

4 thoughts on “[Review] Goddess of Heart dan Hide and Seek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s