[J-Movie] The Incite Mill : Cowards May Survive

220px-The-Incite-Mill

Japanese title : インシテミル 7日間のデス・ゲーム

Romaji: Inshite Miru: 7-kakan no desu gemu

English title: The Incite Mill : 7-Day Death Game

Director: Hideo Nakata

Producer: Taka Ichise

Writer: Honobu Yonezawa (novel), Satoshi Suzuki

Release date: October 16th 2010

Cast:

Tatsuya Fujiwara as Yuki Satoshihisa

Haruka Ayase as Shoko Suwamei

Satomi Ishihara as Biyoru Sekimizu

Tsuyoshi Abe as Takehiro Osako

Shinji Takeda as Sousuke Iwai

Aya Hirayama as Wakana Tachibana

Masanori Ishii as Munehiro Nishino

Takuro Ohno as Setsuzin Maki

Nagisa Katahira as Sawako Fuchi

Kinya Kitaoji as Yoshi Ando

Sinopsis:

Sepuluh orang berkumpul di sebuah kompleks yang bernama Ankikan setelah mendengar kabar tentang pekerjaan dengan gaji 112.000 Yen per jam. Mereka diberitahu bahwa mereka akan diawasi selama 24 jam dalam jangka waktu 1 minggu untuk eksperimen. Mereka mendapatkan ruangan pribadi dengan senjata berbeda yang terletak di masing-masing ruangan.

Peraturan dalam eksperimen ini adalah:

1)Setiap orang harus kembali ke dalam ruangan sebelum pukul 10 malam. Jika tidak patuh, mereka akan dihukum.

2)Setelah 7 hari atau ketika hanya ada 2 orang anggota yang masih hidup, eksperimen akan berakhir.

3)Mereka akan berhadapan dengan kasus kriminal. Detektif adalah orang yang mengajukan solusi dan solusi akan dipilih berdasarkan voting terbanyak. Detektif mendapatkan bonus dan berhak untuk menghukum penjahat.

Keesokan harinya, mereka menemukan seseorang tewas tertembak. Suasana memanas dan mereka mulai saling mencurigai satu sama lain….

Spoiler alert! Jangan baca bila Anda tidak menyukai spoiler!Klik-tahan-geser untuk memperjelas warna tulisan.

Cerita berawal dari suasana di dalam sebuah limosin, di dalamnya ada Yuki, seorang bapak tua yang peminum, seorang pria, seorang wanita berambut panjang dan berwajah dingin, serta seorang wanita cantik. Yuki yang awalnya duduk di dekat bapak tua yang sedang meminum minuman keras memutuskan pindah ke sebelah wanita cantik, tetapi ia menabrak pria. Pria itu menggerutu, dan Yuki langsung meminta maaf.

Saat Yuki menatap wajah wanita itu, cerita beralih ke masa lalu. Waktu itu, Yuki sedang kebingungan memilih pekerjaan yang cocok. Saat ia membaca lowongan pekerjaan di majalah (gajinya hanya 750-800 yen), seorang wanita menawarkan pekerjaan dengan gaji 112.000 Yen per jam. Yuki menerima tawaran itu, sehingga ia bergabung dengan wanita itu dan tiga orang lainnya.

Di limosin lain, ada pasangan kekasih, seorang ibu berusia paruh baya, seorang pemuda berwajah serius, dan seorang pemuda yang sedang asyik makan.

Limosin berhenti di depan sebuah gedung di lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk. Bangunan itu besar dan futuristik. Mereka langsung diarahkan unntuk menaruh barang-barang di loker. Setelah itu, mereka makan di ruang makan dan mendengar pengarahan yang disampaikan oleh salah satu dari 10 boneka Indian yang terletak di depan mereka. (Peraturan dapat dibaca di sinopsis)

Setelah mendengarkan pengarahan, mereka mulai makan dan memperkenalkan diri. Merasa permainan tersebut berbahaya, Yuki mengusulkan agar mereka tidak saling membunuh dan saling mempercayai supaya mereka bisa bertahan sampai 7 hari ke depan. Namun, Munehiro curiga dan melawan semua rekannya, mengira di antara mereka ada yang psikopat.

Setelah makan, Yuki kembali ke kamarnya. Di sana ia menemukan kotak berwarna tembaga. Ia memasukkan kartunya dan membuka kotak itu. Ternyata di dalamnya ada senjata tajam, sejenis tombak pendek. Yuki ketakutan dan segera menutup kotak itu.

Keesokan harinya, semuanya heboh karena Munehiro meninggal dengan 5 luka tembak di bagian dada dan perut. Mereka mulai saling mencurigai dan umumnya mereka menuduh Iwai yang datang belakangan dan tampak tidak takut sama sekali.

Mereka berkumpul di suatu ruangan. Osako menuduh Iwai sebagai pembunuh Munehiro. Iwai tidak terima karena ia tidak punya pistol. Wakana, Maki, dan Fuchi mendukung Osako, sementara Yuki, Sekimizu, dan Ando tidak setuju. Suwamei menyatakan abstain. Maka berdasarkan hasil voting, Iwai ditahan, dan baik detektif, penjahat, dan korban mendapatkan bonus.

Mulai saat itu, mereka saling mencurigai satu sama lain. Kehidupan mereka penuh dengan ketakutan, seperti tempat tinggal mereka yang bernama Paranoid World. Siapakah yang akan mampu bertahan?

<huahaha..maaf, saya tidak bisa membocorkan keseluruhan isi cerita karena sayang sekali bila ceritanya sudah bocor semua sebelum Anda menonton film ini>

Review:

Saya mendapatkan film ini dari salah seorang teman. Ia mengatakan bahwa Tatsuya Fujiwara adalah aktor dalam film ini dan filmnya bagus, karena itulah saya tertarik.

Secara keseluruhan, film ini cukup bagus dan sangat menegangkan. Banyak kejutan di sana sini sehingga film ini saya rekomendasikan kepada pecinta film misteri ataupun thriller.

Namun, banyak adegan berdarah yang saya rasa tidak cocok untuk ditonton anak-anak tanpa pengawasan orang tua.

Ada yang mengkritik film ini karena endingnya dan pengembangan karakternya yang kurang baik, tetapi karena saya bukan kritikus film yang baik, saya rasa tidak ada masalah dengan film ini.

Nilai yang bisa diambil dari film ini:

  • Patuhi peraturan. Pada akhir film, Anda akan menemukan alasan kenapa mematuhi peraturan adalah salah satu poin penting dalam film ini.
  • Dengan saling mempercayai, keuntungan yang didapat akan lebih besar. Dalam film ini, seandainya saja mereka saling percaya, tidak akan ada yang merasa dirugikan (baca: tidak akan ada korban yang terbunuh)
  • Buang sifat egois dan jangan menuduh orang tanpa bukti. Banyak korban yang berjatuhan di fim ini hanya karena keegoisan dan menuduh orang lain tanpa bukti.
  • Jangan menilai orang lain dari penampilan. Orang yang kelihatannya pengecut terkadang menunjukkan keberaniannya pada kondisi tertentu. Malah di film ini, orang yang terlihat pengecut lah yang mampu bertahan.
  • Uang bukan segalanya. Apa guna uang jika kita mendapatkannya dari darah yang mengalir dan korban yang berjatuhan?

Rating: 8.5/10

Okay, that’s all! Ada yang sudah menonton? Silakan tulis komentar kalian tentang film ini.

Source:

http://asianmediawiki.com/The_Incite_Mill_-_7_Day_Death_Game_-

http://en.wikipedia.org/wiki/The_Incite_Mill

[Dipublikasikan di Journal of Sienvisgirl pada 28 Oktober 2011]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s