[J-Movie] Enoshima Prism

 Enoshima_Prism-p1

(taken from : http://asianwiki.com/Enoshima_Prism)

Sinopsis:

20 Desember 2012 adalah hari peringatan kematian Saku. Shuta masih menyimpan rasa bersalah atas meninggalnya sahabatnya itu, meskipun ibunda Saku mengatakan bahwa anaknya meninggal karena penyakit jantung yang dideritanya. Rasa bersalah dan kenangan akan Saku serta Michiru, dua sahabatnya sejak kecil, membuat Shuta memutuskan untuk kembali ke masa lalu. Bisakah ia mengubah takdir?

*****

Wah, pelangi!”

(Shuta, Saku, Michiru)

Awalnya film ini biasa saja, mirip film yang mengisahkan kehidupan sekolah. Malah terkesan lucu karena Saku yang ngotot kembali ke masa lalu, meskipun perjalanannya tidak berlangsung mulus. Yang kaget ketemu gurunya lah *spoiler*, pingsan karena dilempar bola lah *spoiler lagi*. Apapun yang terjadi, pokoknya dia harus kembali ke masa lalu.

Kalau dipikir-pikir, memang aneh sih bila ada seseorang yang mengaku datang dari masa depan. Begitu pula Shuta. Wajar dong Saku malah bertanya,”Mesin waktunya mana?”. Aih, pokoknya koplak deh tuh anak berdua.

Michiru, satu-satunya perempuan di antara mereka memberikan warna tersendiri. Yah, bayangkan saja apa yang terjadi bila cewek dan cowok bersahabat. Mungkin salah satunya menyimpan rasa, tetapi di film ini tidak digambarkan secara jelas, sih. Bisa ditebak sendiri saat menonton filmnya.

Fase ujicoba dan gagal yang berulang kali dialami Shuta harus terinterupsi oleh kehadiran Kyoko, sang tawanan waktu, yang mengingatkannya untuk tidak mengubah masa depan. Shuta yang keras kepala membuat Kyoko mengalah dan ikut membantunya untuk mengubah takdir. Saat hari berganti, Shuta malah terlempar kembali ke masa depan. Tidak menyerah, Shuta kembali pergi ke masa lalu, menuju tanggal 20 Desember 2010, saat Saku meninggal.

Kyoko melarang Shuta untuk melaksanakan niatnya. Namun…

“Kenapa?” Shuta nggak terima.

“Karena mengubah masa depan akan menghapus ingatan orang-orang tentangmu, juga ingatanmu sendiri,” jelas Kyoko.

Nah, jawaban Shuta membuat air mataku mengalir, sungguh. Aku nggak tahu kalau ini spoiler atau nggak, tapi kutuliskan di sini saja, ya.

“Biarlah Saku kehilangan ingatannya tentangku, asalkan ia tetap hidup. Biarlah Michiru kehilangan ingatannya tentangku, asalkan ia tetap tertawa.”

Ih, ada ya sahabat yang seperti itu, sebegitu altruisnya. Aku mah belum sampai pada tahap itu.

Ending-nya, tidak akan kubocorkan di sini ya. Takutnya pembaca malah nggak berminat nonton filmnya lagi.

Akting Fukushi Sota di sini cukup baik. Aku nggak tahu apakah levelnya sudah begitu tinggi, atau bagaimana, tetapi yang jelas aku bisa menghayati perasaannya. Pas dia menangis, air mataku juga ikut mengalir. Dialog-dialognya juga mengena banget. Nomura Shuhei sebagai Saku, memang perannya tidak begitu banyak, begitu juga Honda Tsubasa sebagai Michiru, soalnya cerita di film ini dikisahkan dari sudut pandang Shuta dan berpusat pada Shuta. Tetapi yang jelas interaksi mereka bertiga membuatku ingin punya sahabat seperti mereka, yang ikatannya awet sampai bertahun-tahun.

“Aku akan mengingatmu. Aku tidak akan melupakanmu.”

(Kyoko)

<Ada kalimat Shuta yang lebih menyentuh, dan menjadi kunci untuk ending film ini, tapi tidak akan aku beberkan di sini. Silakan dengarkan sendiri di filmnya.

Dan kenapa saya jadi semacam mendukung Shuta x Kyoko? Saa, riyuu ga wakannai.>

Aih, pokoknya film ini bagus banget. Ini semacam sisi lain dari kisah perjalanan waktu dan mungkin akan memberi jawaban kepada kita yang sering bertanya-tanya, sering berandai-andai,”Bagaimana seandainya bila waktu bisa kuputar? Tentu semuanya akan menjadi lebih baik.”

Jawabannya siapa yang tahu? Yang jelas tidak akan semudah itu untuk mengubah takdir.

“Apakah itu prisma?”

(Michiru)

“Ah, bukan. Ini hanya batu kuarsa biasa. Tapi, indah bukan?”

(Shuta)

Indah ya?”

(Michiru kepada Saku)

Ya.”

(Saku)

Advertisements

One thought on “[J-Movie] Enoshima Prism

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s