(Sebut Saja) Namanya Tempura

DSCN4974 

Ini percobaan saya hari Minggu lalu. Awalnya sih iseng, sambil goreng bakwan, kenapa nggak sekalian bikin makanan ini? Kebetulan masih ada sisa tepung terigu, tepung tapioka, dan air soda. Nah, air soda ini yang menarik sekaligus jadi bahan kunci dalam kerenyahan si tempura. Kalau dari resep aslinya di sini, air soda ini adalah semacam Fanta putih, atau air soda tawar. Berhubung bahannya tidak ada di rumah, saya membuatnya sendiri dengan mencampurkan setengah sendok teh baking powder (karena tidak ada baking soda) dan setengah sendok teh asam sitrat (sitrun) dalam segelas air. Kenapa bisa idenya sampai ke sana? Karena waktu semester VI dulu saya belajar sediki tentang tablet effervescent (tablet buih) yang dibuat dengan mencampurkan asam lemah (asam sitrat/asam tartrat) dan basa lemah (dari natrium bikarbonat). Campuran ini dalam air akan melepaskan banyak gas karbondioksida yang terlihat seperti buih. Kalau dengan takaran tersebut buihnya kurang banyak ya silakan tambahkan takaran asam sitrat dan baking powder atau soda kuenya.

DSCN4980

Untuk bumbunya, tidak terlalu ribet, yang penting garamnya pas dan boleh tambahkan kaldu bubuk bila suka. Saya menggunakan sedikit sisa adonan bakwan, jadi bumbunya kebawa deh. Oya, jangan lupa tambahkan es batu supaya adonan pencelupnya tetap dingin. Hal ini juga berpengaruh dalam kerenyahan tempura, lho. Waktu itu saya lupa menambahkan es batu, tetapi sepertinya karena air soda yang saya gunakan cukup dingin, jadinya hasilnya tetap renyah.

 

Rasanya enak dan renyah. Saya menggunakan daun kol. Kalau mau menggunakan sayuran lain atau ubi manis atau udang, silakan :). Saya sendiri tidak tahu rasa tempura asli seperti apa, jadi mungkin yang saya buat ini tidak terlalu otentik.

Tertarik untuk mencoba? Semoga berhasil šŸ˜€

Leave a Reply

