Iklan Sariwangi: Indahnya Kebersamaan dalam Keluarga

Ada yang sudah pernah melihat iklan Sariwangi yang baru? Yang ada adegan anak perempuan bermain dengan peralatan minum teh mainan, dikelilingi oleh orangtua dan kakak laki-lakinya yang sibuk?

Anak itu pura-pura menuangkan teh dari teko ke dalam cangkir, kemudian ia menghampiri ayahnya yang sibuk dengan laptopnya. Sang ayah tidak memberi respons yang diharapkan. Anak itu kemudian menghampiri kakak laki-lakinya yang sibuk dengan gadget-nya, bermain game. Alih-alih melihat adiknya, sang kakak malah merengut kesal karena merasa terganggu. Belum putus asa, si anak lalu menghampiri ibunya yang sibuk menelepon sambil menarik ujung baju sang ibu.

“Nanti, ya,” Seolah kalimat itu yang tersirat dari ekspresi sang ibu. Penolakan yang sangat halus, tetapi cukup untuk membuat sang anak merasa kecewa. Akhirnya, ia menyajikan ‘teh’ untuk boneka beruangnya yang selalu berada di dekatnya.

Saya rasa hampir semua orang yang memiliki televisi tahu dengan iklan ini.

Cerita yang sederhana, tetapi sangat menggugah. Mungkin tanpa sadar kita juga mengalaminya di rumah. Tergambar dengan jelas di sana sebuah situasi yang sangat ironis: berkumpul dalam ruangan yang sama, tetapi berjauhan dan sibuk dengan urusan masing-masing. Terlihat pula bagaimana teknologi yang seharusnya mendekatkan yang jauh, kini justru malah menjauhkan yang dekat.

Mari introspeksi diri, sudah seberapa dekat kita dengan orang-orang tersayang? Lima belas menit saja, seperti yang disampaikan pada iklan tersebut, sudah mampu untuk mengakrabkan anggota keluarga. Tidak ada salahnya, kan, menyediakan waktu lebih banyak untuk mereka?

Jangan-jangan kita terbiasa menikmati musik bervolume keras dari ponsel atau gadget lain, tetapi malah merasa terusik dengan suara lembut dari ibu yang mengajak kita untuk makan malam.

Saya pun belum sesempurna itu.Terkadang saya juga lebih memilih untuk menyibukkan diri sendiri dengan laptop daripada berbincang di ruang keluarga. Namun, saya akan terus berusaha ke arah yang lebih baik.

 

Mari sama-sama mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s