Ada Banyak Cara Untuk Menumbuhkan Motivasi, Antara Lain…

ciri-orang-rendah-diri I can do it, regardless what they say… (credit: http://artoflivingid.wordpress.com )

Bismillahirrahmanirrahiim…

Saya sering merasa malu terkait status saya sekarang. Bukan, bukan bermaksud tidak bersyukur atau apa. Hanya saja, orang-orang yang dekat dengan saya melontarkan pujian yang menurut saya masih belum pantas saya terima. Saya hanya belajar, dan itu pun rasanya masih belum maksimal. Belum ada karya yang saya buat, belum ada gebrakan yang saya hasilkan selama menjalani pendidikan ini.

Sementara, di luar sana, ada banyak mahasiswa Indonesia yang kreatif dan inovatif. Mereka berprestasi di bidang akademik maupun non akademik. Meraih juara pada kompetisi penelitian atau pun mendapatkan kesempatan untuk menjadi mahasiswa pertukaran ke luar negeri. Sebagian lagi mendirikan organisasi pemuda dengan tujuan berbeda. Ada yang berfokus ke pendidikan, masalah sosial, masalah lingkungan, dan lain-lain.

Terkadang, membaca berita atau tulisan mengenai pencapaian mereka membuat saya bertanya-tanya dalam hati,”Kapan ya saya bisa seperti mereka?”. Namun, kemudian, saya sadar bahwa untuk meraih impian, yang harus saya lakukan adalah berusaha lebih keras. Going for extra miles, kata orang. Lalu, bertawakallah dan biar Allah yang menentukan hasilnya.

Nah, karena itu, meskipun saya mengalami semacam sindrom rendah diri setelah saya membaca tulisan-tulisan tersebut, saya menepisnya kuat-kuat dan menjadikannya sebagai cambukan agar berani bermimpi dan termotivasi untuk berusaha mewujudkannya. Ada beberapa yang saya sukai dan mungkin juga bermanfaat bagi para pembaca yang ingin termotivasi dengan membaca kisah-kisah pencapaian orang lain.

viewimage.php

Pertama, buku Young on Top Campus Ambassadors. Buku dengan sampul luar berwarna kuning menyala ini merupakan salah satu bacaan favorit saya. Bahkan, setiap pergi ke RS untuk mengambil data, saya selalu membawanya di dalam tas.  Yah, saya akui saya agak kurang percaya diri bila harus berbicara dengan orang baru. Sebelum ‘berburu’ responden, saya akan membaca halaman demi halaman buku ini agar ketakutan saya berkurang. Sampai-sampai saya mengingat hampir keseluruh isinya karena begitu seringnya saya baca.

Buku ini ditulis oleh lima orang mahasiswa (yang sekarang sudah lulus dan sukses di jalurnya masing-masing). Ada Citra Natasya, David Immanuel Sihombing, Jonathan C. Susanto, Muhammad Iman Usman, dan Palmira Vidya Mumpuni. Dengan kesuksesan tersebut bukan berarti mereka tidak pernah gagal. Namun, kegagalan itu dijadikan sebagai pemicu untuk terus mencoba, bukan sebagai alasan agar menyerah.

Di dalam buku ini, juga disertakan alamat twitter serta situs pribadi milik masing-masing penulis. Ada beberapa yang sudah saya baca dan memang isinya mencerminkan kepribadian penulisnya yang positif serta penuh semangat. Semoga saya juga bisa seperti mereka.

image

Kedua, e-book yang dirilis oleh FemaleDev, suatu wadah bagi para perempuan yang berminat dalam bidang teknologi maupun yang menekuninya. E-book ini bertajuk Empowering Young Female Leaders in Technology serta berisi profil beberapa orang perempuan berprestasi yang tergabung dalam wadah tersebut. Ada yang membuat aplikasi, mengelola situs, dan lain-lain.

Biar pun bidang ini jauh dari ilmu yang saya tekuni, tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi informasi mengambil andil dalam perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Teknologi informasi membuat akses terhadap ilmu pengetahuan menjadi lebih mudah dan tak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Karena itulah, saya mengagumi mereka. Terlebih, salah seorang di antaranya adalah teman sekelas saya sewaktu SD. Namanya Elsa dan saya sejak dulu salut dengannya yang cerdas dan supel (sementara saya cenderung pendiam). Dan mengetahui bahwa ia sudah melakukan pencapaian sejauh ini, saya tidak bisa berkata apa-apa selain merasa bangga dan turut berbahagia :). Semoga makin sukses lagi ke depannya, Elsa.

Bila ingin mengunduhnya, silakan klik tautan ini.

image

Dan yang ketiga, kali ini bukan buku, melainkan sebuah situs. Ada yang tahu IndonesiaProud? Di saat orang-orang merasa pesimis dan mencela tanah airnya sendiri, situs ini secara konsisten mempublikasikan berita mengenai prestasi orang Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri, mulai dari siswa sekolah dasar hingga profesor. Ada yang menciptakan robot yang unik, ada yang menemukan obat baru dari bahan alam, ada yang memukau dunia dengan penampilan seni dan budaya, dan sebagainya. Jadi, jangan patah semangat. Mereka bisa, mereka saudara sebangsa kita, masa’ kita tidak bisa?

Oke, sekian dulu untuk tulisan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah motivasi para pembaca. Atau ada yang ingin berbagi tips untuk menumbuhkan motivasi di sini?

Leave a Reply

