Pertama Kali Jadi Pemilih Itu Rasanya…

DSCN5059 Tintanya berfluoresensi (?)

Bismillahirrahmaanirrahiim…

9 April 2014. Pemilihan anggota legislatif (DPR, DPD, DPRD) yang pertama kali saya ikuti sejak resmi memiliki KTP tiga tahun yang lalu. Jadi, saya bisa dikategorikan sebagai pemilih pemula. Menurut berita yang saya ikuti, pemilih pemula itu mencakup penduduk Indonesia yang lahir tahun 1992-1997.

Bagaimana rasanya pertama kali mencoblos?

Agak bingung, soalnya tidak punya bayangan sama sekali. Iya sih, ada beberapa tayangan di televisi mengenai cara mencoblos surat suara, tapi kan partainya pura-pura. Partai jambu, nanas, durian. Sementara kenyataannya tidak seperti itu, ‘kan? Jelaslah feel-nya beda. Terus, masalah caleg yang mau dipilih. Ada beberapa sih yang saya tahu, tetapi tidak ada yang benar-benar saya kenali rekam jejaknya.

Awalnya saya ragu antara mau memilih atau tidak. Bukan karena malas atau berprasangka buruk dengan para caleg ini, melainkan karena ada dua pendapat yang sibuk berperang di benak saya. Kalau ikut memilih, nanti seperti ini. Tapi, kalau tidak memilih, nanti seperti ini…

Ujung-ujungnya saya ikut memberikan suara juga.

Semoga saja Indonesia bisa menjadi lebih baik setelah Pemilu 2014 ini. Semoga wakil rakyat yang terpilih nantinya bisa mengemban amanah dengan baik. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

Ngomong-ngomong, saya penasaran dengan tinta pemilu yang digunakan. Berwarna ungu gelap dan berfluoresensi bila terkena cahaya (maafkan saya kalau salah istilah). Kira-kira apakah ada bahan khusus yang digunakan untuk menimbulkan efek seperti itu? Pembaca sekalian, ada yang tahu jawabannya?

2 thoughts on “Pertama Kali Jadi Pemilih Itu Rasanya…

    1. Kok nggak ikut, Bang? *kepo*
      Tapi anehnya pas kena air dan sabun, sisa tinta di kuku saya jadi warna oranye gitu, mirip warna inai. Di keluarga malah nggak ada yang seperti itu 0.0

      Like

Leave a Reply

