Kue Apa yang Bulat, Bolong di Tengah? Ya Donat!

DSCN5068Rupa boleh biasa, rasanya? Beuh… istimewa!

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Ceritanya lagi rehat di rumah nih, habis tidur siang. Tahu-tahu Mama pulang bawa sesuatu. Ada tepung terigu, keju, meses. Alamat mau bikin kue, nih. Namun, bukan itu saja. Ada sebuah kardus betuliskan Atlas® Concerto. Kirain alat semacam Ampia®, alat untuk menggiling dan mencetak pasta. Tahunya bukan, alat ini bisa mencampur dan menguleni adonan, tetapi tidak bisa digunakan untuk menggiling. Sebenarnya alat ini untuk membuat pasta, sih, tetapi karena orang Indonesia memang kreatif, alat ini juga bisa digunakan untuk membuat roti, donat, bakpau, sampai otak-otak! Nah, lho, penasaran, kan? Sama, saya juga.

Tanpa menunggu lama, langsung deh  kami di rumah membuat donat rame-rame. Awalnya saya agak pesimis, apa iya dengan berbekal resep sederhana (bonus dari alat tersebut), donatnya bisa jadi. Wong saya yang sebelumnya membuat donat berdasarkan resep plus foto step by step pembuatannya aja gagal.

Berikut ini resepnya:

Bahan

Tepung terigu protein tinggi  500 g

Gula pasir 75 g

Margarin 75 g

Kuning telur 3 butir

Ragi instan 1 sachet

Air 225 ml

Cara membuat

Campurkan semua bahan di dalam alat, lalu proses hingga adonan tercampur rata dan kalis. Bentuk adonan dan goreng dalam minyak panas.

Itu doang? Serius?

Iya, awalnya saya juga nggak percaya. Itu ragi benar-benar dimasukkan 1 bungkus, saya kira fermentasinya bakal berlebihan. Membuatnya juga nggak perlu ditunggu seperti kalau membuat donat dengan tangan (setidaknya harus didiamkan 1 jam biar adonannya mengembang sempurna). Mungkin ada pengaruh alat ini yang memudahkan tercampurnya bahan-bahan hingga rata.

Alatnya manual, kok, nggak pakai listrik. Untuk mengoperasikannya tetap perlu kekuatan tangan, tetapi jadi terasa lebih mudah karena yang perlu dilakukan hanya memutar dan memutar. Ada yang tahu alat penggiling bumbu dapur yang manual? Yang diputar dan di dalamnya ada komponen yang berulir seperti sekrup? Nah, alat ini juga memiliki komponen seperti itu. Bedanya ada dua jenis. Yang satu untuk membuat adonan, bentuknya mirip sudip. Yang satu lagi untuk membentuk adonan, bentuknya mirip sekrup (berulir).

images Penampakan alat Atlas® Concerto (credit: http://infoatlasconcerto.wordpress.com)

Alhamdulillah, hasilnya sangat memuaskan. Adonannya memang agak lembek, tetapi bisa mengembang dengan baik. Pas digoreng, eh makin gede. Kayak raksasa (oke, ini hiperbola). Donatnya empuk dan manisnya pas. Dimakan begitu saja oke, dicelup cokelat atau ditaburi gula halus juga sedap.

DSCN5065 Donat jumbo

Ada yang punya alat ini juga di rumah? Selamat mencoba 🙂

Yang belum punya, mungkin nggak ada salahnya untuk memiliki alat ini.

Advertisements

2 thoughts on “Kue Apa yang Bulat, Bolong di Tengah? Ya Donat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s