Like Father, Like Son

like_father_like_son Papa hobi baca, saya juga. Papa suka manis, saya juga. (credit: http://ridertua.com )

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Seperti bapak, seperti itu pula anak. Atau buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ungkapan-ungkapan tersebut hampir sama maknanya, sama-sama menggambarkan kemiripan sifat anak dengan orangtuanya.

Dulu, saya mengira bahwa anak dan orangtua itu memang memiliki kemiripan, tetapi tidak benar-benar mengopi secara persis sifat dari salah satu orangtua. Misalnya, anak pertama rambutnya mirip ibunya, tapi wajahnya mirip bapaknya. Atau rajin seperti ibunya, tetapi senang memancing seperti bapaknya.

Dan kemarin, anggapan saya itu terbukti salah.

Kemarin malam, ada seorang kerabat saya datang ke rumah. Saya tidak terlalu mengenalnya karena memang hampir tidak pernah bertemu (atau saya yang lupa). Maka jadilah saya canggung di tengah-tengah orangtua saya yang mengenal baik kerabat saya tersebut. Saat saya bertanya pada Mama, ternyata yang datang itu adalah istri dari saudara sepupu nenek saya beserta anak laki-laki (jatuhnya jadi om saya) dan cucu dari anak pertama beliau. Dan sepanjang pembicaraan, sembilan puluh persen berisi tentang betapa miripnya om saya tersebut dengan ayahnya yang (maaf) sudah meninggal. Mulai dari wajah hingga sifatnya sama persis.

Saya jadi teringat part terakhir dari cerita bersambung yang saya tulis di blog sebelah. Di part tersebut, sang tokoh utama dikatakan sangat mirip dengan ayahnya yang sudah meninggal. Dan yang mengatakan hal itu adalah ibunya sendiri. Saking miripnya, sang ibu jadi salah tingkah dan bertepatan sekali sang anak sudah lama terpisah dengan ibunya, jadi ia tidak tahu bahwa wanita itu adalah ibunya sendiri. Ah, jadi spoiler. Tapi ya itu, hikmah dari kunjungan om saya semalam adalah selain mempertemukan saya dengan kerabat yang belum saya kenal, juga mengingatkan saya dengan cerita yang sudah lama terbengkalai.

Para pembaca yang merasa atau sering dibilang mirip dengan ayah atau ibu di rumah? Saya jadi ingin tahu jawabannya.

Leave a Reply

