Terapi Berpikir Positif

6565366 (credit: www.goodreads.com )

Judul                    : Terapi Berpikir Positif 

Pengarang           : Dr. Ibrahim Elfiky 

Penerjemah          : Khalifurrahman Fath & M. Taufik Damas

Penerbit               : Zaman

Cetakan                : Ketujuh, 2011

Jumlah halaman    : xii + 347 halaman

***

Biarkan Mukjizat dalam Diri Anda Melesat

Agar Hidup Lebih Sukses dan Lebih Bahagia

Dua baris kalimat tersebut adalah tagline yang menghiasi kover buku bernuansa putih ini. Sudah lama buku ini berada di rak buku ayah saya, tetapi baru-bari ini saya tertarik untuk membacanya hingga selesai.

Membaca buku ini seperti sedang duduk bersama sahabat karib dan membiarkan telinga ini mendengarkan berbagai nasihat yang keluar dari mulutnya untuk permasalahan yang saya hadapi. Setidaknya itulah yang saya rasakan. Buku ini sama sekali tidak terkesan menggurui. Paparannya sistematis dan mudah dipahami, serta dilengkapi dengan langkah-langkah untuk menghadirkan ketenangan serta perubahan pola pikir secara perlahan.

Kalimat-kalimat yang digunakan oleh Dr. Ibrahim Elfiky terasa menyentuh dan menggerakkan saya untuk berpikir ulang mengenai kehidupan yang saya jalani sekarang. Apakah benar saya mengalami kemunduran? Apakah benar saya kalah sukses dengan teman-teman saya? Jawabannya adalah tidak. Persepsi sayalah yang bekerja sehingga kenyataan yang saya alami ikut mencerminkan persepsi tersebut. Dari buku inilah saya mengetahui bahwa masalah berawal dari pikiran negatif, sehingga untuk menghadapinya, hal yang perlu dilakukan adalah mengeset ulang pikiran menjadi bermuatan positif.

Tidak hanya kalimat-kalimat sugestif, buku ini juga dilengkapi berbagai contoh dan pengalaman sehari-hari dari klien Dr. Ibrahim Elfiky. Beberapa di antara mereka mengalami masalah berat, beberapa di antara mereka memiliki motivasi yang kuat untuk sukses. Pada beberapa bagian, sang penulis juga menjadikan pengalamannya sendiri sebagai ilustrasi kasus. Cerita pengalaman tersebut ditulis dengan luwes dan netral, sama sekali tidak ada kesan menghakimi mereka yang sedang dirundung masalah. Saya semakin yakin bahwa masalah yang saya hadapi belum ada apa-apanya dengan mereka dan semakin ingin untuk berubah.

Yang lebih membuat buku ini istimewa adalah ketakwaan pada Allah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari nasihat Dr. Ibrahim Elfiky untuk menghadapi masalah. Dengan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, hati akan menjadi tenang dan dengan sendirinya pikiran akan terjauh dari prasangka buruk. Hasilnya adalah hidup yang lebih berharga di setiap detiknya, karena kesadaran penuh akan posisi sebagai hamba dan kemahakuasaan Allah untuk mengubah nasib hamba-Nya yang bertawakal dan berbuat baik.

Saya menyarankan Anda untuk membaca buku ini, terutama bila Anda merasa tidak bahagia dan dihantui oleh prasangka dan bayang-bayang masa lalu. Semoga setelah membaca buku ini, Anda dapat menumbuhkan pikiran positif yang kelak dapat membuat kehidupan Anda menjadi positif pula.

Anda mungkin tidak dapat mengendalikan keadaan,
tapi Anda dapat mengendalikan pikiran Anda.
Pikiran positif menghasilkan perbuatan dan hasil yang positif.
(Dr. Ibrahim Elfiky)

Leave a Reply

