Baca yuk, Baca!

books460 (credit: www.theguardian.com )

Bismillahirrahmanirrahiim…

Beberapa waktu yang lalu, saya membuat postingan bertajuk Hari Buku Sedunia. Nah, tahukah pembaca sekalian bahwa hari ini bertepatan dengan Hari Buku Nasional?

Saya baru tahu saat mengikuti acara Indonesia Morning Show di NET TV tadi pagi. Tepat pada 17 Mei 1980, Perpustakaan Nasional berdiri, sekaligus diperingati sebagai hari buku nasional. Wah, sudah 34 tahun, ya? Namun, sepertinya minat baca masyarakat Indonesia masih belum seperti yang diharapkan. Masih banyak yang lebih suka menonton atau bersosialisasi di dunia maya daripada membaca, ya, ‘kan? Hayo ngakuuuu….

Pada sidebar sebelah kanan blog ini, pembaca bisa melihat ada widget Goodreads ‘kan? Iya, saya tahu, saya masih anak bawang dalam dunia perbukuan. Tapi saya senang membaca, jadi hitung-hitung merekapitulasi buku yang sudah saya baca sekaligus belajar menulis ulasan singkat, lah. Tahun ini, saya menetapkan target 30 buku, mungkin masih kecil bila dibandingkan dengan rekan-rekan Goodreads yang sudah veteran. Ada yang setiap harinya bisa menulis satu resensi buku malahan. Hebat, ya? Saya saja baru bisa menuntaskan 11 buku hingga saat ini sejak bergabung pada Februari lalu.

Semoga ke depannya membaca bukan hal yang berat lagi buat saya, juga buat kita semua. Mau Indonesia terus-terusan berada di posisi bawah dalam hal minat baca?

Selamat membaca!

[Baca juga ini untuk mengetahui posisi Indonesia di antara negara-negara lain di dunia dalam hal minat baca, juga beberapa strategi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah budaya membaca.]

Leave a Reply

