[MV] Akdong Musician – Melted

Saya baru menonton music video duo penyanyi dari Korea Selatan ini beberapa saat yang lalu, meskipun sudah mendengar potongan lagunya sejak lama. Kesan yang saya dapatkan adalah video ini sangat menggugah dan gambarnya diambil dengan baik. Ekspresi para aktor dan aktris pemerannya terlihat alamiah. Sudut pandang pengambilan video yang dilakukan mampu membuat saya merasa menjadi penonton tak kasat mata di sana.

Seorang pemuda mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang-orang di sekelilingnya. Diusir setelah ditumpangi kendaraan karena terlihat ‘aneh’ dan mengganggu dengan kameranya, dipandang dengan sebelah mata oleh pemilik toko swalayan karena berlama-lama memilih makanan yang akan dibeli, ditipu oleh seorang wanita yang meninggalkannya dengan tagihan minuman yang harus dibayar mahal, dipukul oleh bartender karena tidak bisa membayar tagihan, lalu diperiksa di kantor polisi karena perbuatannya yang’tidak bertanggung jawab’. Setelah selesai menjalani hukuman, ia melihat seekor anjing dan ingin menyapa hewan itu. Namun, sang anjing malah menyalak dengan kerasnya. Bayangkan, bahkan anjing saja bersikap dingin padanya. Pemuda ini tak tahan lagi, ia balas berteriak pada anjing itu. Untunglah ada seseorang yang baik kepadanya, yang memberikannya tumpangan tempat tinggal dan mendengarkan ceritanya.

Terpikir oleh saya, bila seandainya saya menjadi tokoh utama pada video tersebut, apa yang akan saya lakukan? Putus asa? Atau berjalan dengan tegak seolah tidak terjadi apa-apa?

Mungkin hal yang buruk akan terjadi pada pemuda itu seandainya ia tidak menemukan satupun orang yang menerimanya. Ia akan menaruh benci pada kehidupan dan pada orang-orang di sekelilingnya, dan bukan tidak mungkin perilakunya akan cenderung merusak.

Cukup satu orang saja, dengan kebaikan sederhana yang tulus dari hati seperti yang terlihat pada akhir video, akan mampu melelehkan hati pemuda itu yang hampir beku.

Cukup satu senyuman, satu salam hangat, akan membantu saudara kita yang merasa harinya kurang beruntung.

*Catatan untuk diri sendiri yang masih belum bisa untuk berbuat baik seperti itu.

**Interpretasi video ini saya lakukan hanya berdasarkan gambar, bukan lirik lagu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s