Juni dan Rencana-rencana yang (Semoga) Tidak Tinggal Rencana

Juni

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Hari ini, 1 Juni, bertepatan dengan 3 Sya’ban. Sebentar lagi bulan Ramadhan, sebentar lagi kita akan menghabiskan separuh dari 2014.

Berbicara mengenai 2014, saya menyusun rencana-rencana di awal tahun. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali (seperti lagu Doraemon). Namun, memang dasarnya saya sulit untuk menerapkan rencana, hasilnya pun belum seperti yang diharapkan. Misalnya, targetan lulus tahun ini. Insya Allah, sekarang saya sedang berkutat dengan hasil dan pembahasan. Semoga bisa seminar hasil sesegera mungkin. Aamiin ya rabbal’aalamiin. Atau targetan sehari satu juz yang sayangnya banyak molornya, jadi yah begitulah. Sekarang baru memulai juz 10 untuk ronde kedua. Kemudian, targetan membaca buku koleksi pribadi. Tinggal The Cuckoo’s Calling dan ensiklopedi bekas yang saya beli di Bandung tahun 2012. Rencananya minimal 30 buku berhasil saya tamatkan menjelang akhir tahun 2014 ini.

Semoga targetan yang sempat saya tuliskan di blog ini bisa tercapai semua. Aamiin.

Selain itu, masih banyak yang ingin saya lakukan. Misalnya menulis cerita yang idenya sudah lama mengendap di otak. Lalu me-review beberapa mata kuliah yang sudah lama saya lupakan. Lalu membuat semacam platform belajar. Namun, agak sulit bagi saya untuk memulai semuanya mengingat tugas akhir ini masih belum selesai.

Terakhir, tak lengkap rasanya membahas Juni tanpa mengutip puisi karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul: Hujan di Bulan Juni ini. Pas sekali, daerah tempat tinggal saya diguyur hujan siang hingga sore tadi.

tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan Juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan Juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu

Leave a Reply

