#2: Organized

20140603_200116[1] Boxes of spices in the fridge. Pepper, nutmeg, coriander, fennel, cumin, and cinnamon.

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Di rumah saya, sekarang bubuk rempah-rempah disimpan dalam kotak plastik Tupperware ukuran mini. Selain lebih rapi dan hemat tempat, juga memudahkan dalam penggunaan. Bayangkan saja bila sedang terburu-buru, lalu karena tak sempat mengecek, alih-alih memasukkan bubuk ketumbar ke dalam campuran bumbu dendeng, justru bubuk jintan yang dimasukkan dengan takaran yang sama. Uh, jadilah dendeng rasa kari dengan aroma menyengat, bukan?

Dari sana, saya belajar bahwa mengorganisasi apapun akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Beranjak dari urusan dapur, soal keuangan, misalnya. Dengan memisahkan uang saku per bulan yang diterima dari orangtua ke dalam beberapa tempat terpisah (untuk belanja bulanan, untuk infak, untuk beli pulsa, dan lain sebagainya), kemungkinan untuk besar pasak daripada tiang diharapkan akan menurun. Contoh lainnya, mengorganisasi catatan kuliah ke dalam beberapa buku alih-alih mencampuradukkannya dalam satu buku gado-gado. Tentunya akan lebih memudahkan kita dalam mengulang pelajaran, bukan? Demikian juga dengan mengorganisasi rekan setim, baik itu dalam organisasi, kepanitiaan, atau kelompok belajar. Ada yang bertugas mengurus surat-menyurat, mempersiapkan acara, mempersiapkan konsumsi, mengatur keuangan. Bayangkan bila tidak ada pembagian kerja yang jelas. Tentu pekerjaan yang seharusnya selesai malah menjadi masalah baru.

Saya sendiri bukan orang yang terorganisasi. Lebih sering mengikuti suasana hati. Kalau sedang ingin berberes, saya lakukan. Kalau tidak, ya tidak. Sebenarnya, hal ini tidak baik juga untuk dilakukan. Mau sampai kapan saya hidup tidak terencana?

Sepertinya, saya harus belajar untuk hidup lebih teratur. Mumpung masih muda dan masih sendiri, hehe 🙂

Advertisements

2 thoughts on “#2: Organized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s