#22: Nutrisi vs Olahraga

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Beberapa hari yang lalu, saya menyimak ‘perdebatan’ yang terjadi di antara dua orang teman saya. Si A menganggap bahwa untuk menjaga kesehatan, yang terpenting adalah olahraga dengan porsi yang sesuai, sementara si B menganggap bahwa nutrisi lebih berperan penting dalam menjaga kesehatan, salah satunya dalam proses penurunan berat badan.

Saya sendiri menganggap bahwa nutrisi dan olahraga sama pentingnya. Memang, untuk menurunkan berat badan, menjaga asupan nutrisi lebih berperan. Bayangkan saja bila ada seseorang yang bertekad untuk kurus dengan berolahraga rutin, tetapi tidak menjaga asupan makanannya. Apa mungkin ia harus berolahraga habis-habisan agar seimbang dengan kalori yang masuk? Rasanya itu bukan tindakan yang bijak. Jadi, tetap, nutrisi lebih penting. Namun, ini bukan berarti saya sepenuhnya setuju dengan klaim produk nutrisi yang sering digembar-gemborkan orang itu. Menurut saya, yang lebih baik adalah yang berasal dari alam, bukan hasil olahan pabrik.

Namun, saya tetap setuju dengan pendapat teman saya, si A, mengenai peranan olahraga. Meskipun dengan nutrisi saja seseorang bisa menurunkan berat badan, tetap saja olahraga diperlukan untuk memperbaiki metabolisme, menguatkan jantung, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kebugaran tubuh. Olahraga tidak bisa dikesampingkan begitu saja, begitu pun nutrisi. Keduanya adalah komponen yang saling melengkapi.

Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

