[Movie] Divergent

Divergent

(Info bisa dilihat di Wikipedia, Rating bisa dilihat di imdb)

Divergent bercerita tentang suatu wilayah di Chicago yang dibatasi dinding yang tinggi. Penduduknya hidup dengan aman dan dibagi menjadi 5 kelompok (di film ini, digunakan istilah faksi). Ada Amity, para pengolah tanah yang baik hati, ada Candor, penegak keadilan yang jujur dalam situasi apa pun, ada Dauntless, penjaga keamanan yang berani, ada Erudite, ilmuwan yang senang mengobservasi dan mengumpulkan fakta, serta Abnegation, yang mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi. Masing-masing faksi ditandai dengan warna pakaian yang khas, merah-cokelat untuk Amity, putih untuk Candor, hitam untuk Dauntless, biru untuk Erudite, dan abu-abu untuk Abnegation. Di luar itu, terdapat pula kelompok factionless (non-faksi), mereka adalah orang-orang yang tidak tergabung dalam faksi manapun serta hidup terlunta-lunta. Hanya faksi Abnegation yang menjalankan pemerintahanlah yang bersedia menyantuni orang-orang tersebut.

Beatrice Prior, sang tokoh utama dalam film ini, terlahir dalam keluarga Abnegation, meskipun ia menaruh kekaguman terhadap faksi Dauntless. Maka, saat ujian penentuan faksi tiba, Beatrice gugup, takut lulus dan di sisi lain, takut tidak lulus. Ujian yang dilaksanakan berupa tes halusinasi (yang dirangsang menggunakan suatu serum). Respons sang peserta ujian terhadap hal yang dihadapinya dalam mimpi akan menentukan faksi mana yang tepat baginya. Namun, Beatrice tidak menunjukkan respons yang mendukung salah satu faksi, tetapi tiga: Abnegation, Erudite, dan Dauntless. Kondisi tersebut dinamakan divergent dan merupakan pertanda buruk bagi kelangsungan hidupnya. Divergent dianggap merusak tatanan faksi yang selama ini terbukti berhasil mempertahankan perdamaian di wilayah itu. Oleh Tori, yang mengetes Beatrice, gadis itu diminta untuk tidak menceritakan apapun mengenai hasil tesnya, dan ia akan tercatat sebagai anggota faksi Abnegation.

Esoknya, para peserta ujian diminta untuk memilih faksi yang mereka inginkan, terlepas dari faksi mana mereka berasal dan apa pun hasil tes mereka. Caleb, kakak Beatrice, memilih Erudite, sementara Beatrice, memilih Dauntless. Mereka yang memilih faksi berbeda dengan faksi asal harus mengutamakan faksinya dibandingkan keluarga (faction before blood), sehingga keluarga Prior resmi ditinggal oleh kedua anaknya detik itu juga.

Tantangan yang dihadapi Beatrice untuk bertahan dalam faksi Dauntless tidak bisa dibilang mudah. Hari-harinya dipenuhi tantangan fisik dan mental yang menguras tenaga. Beruntunglah, meskipun dipimpin oleh Eric yang keras, Beatrice (ia belakangan menukar namanya menjadi Tris) memiliki sahabat yang menemaninya, yaitu Christina, Al, dan Will. Selain itu, ada Four yang menaruh perhatian khusus kepadanya. Hari demi hari berlalu, Tris akhirnya lulus dari masa tempaan dan resmi menjadi anggota faksi Dauntless.

Namun, ternyata Jeanine Matthews dari faksi Erudite gencar melacak siapapun yang Divergent. Ia juga mempengaruhi anggota Dauntless untuk mencapai tujuannya: menggulingkan Abnegation dari puncak pemerintahan dan menjadikan Erudite sebagai faksi pemimpin. Dauntless pun dikerahkan untuk memburu Abnegation dan menghabisi siapa pun yang berusaha melawan. Tris yang mengetahui bahwa Dauntless dimanfaatkan berusaha untuk bertahan dan melawan. Namun, sahabat-sahabatnya serta Four telah terlanjur dirasuki pikirannya. Apa yang akan ia lakukan selanjutnya?

****

Saya baru menonton film ini Sabtu lalu. Telat ya? 🙂

Film Divergent diangkat dari novel berjudul sama karya Veronica Roth. Novel Divergent merupakan seri pertama dari trilogi karyanya, yang dilanjutkan dengan Insurgent, lalu ditutup dengan Allegiant.

Bagi saya pribadi, film Divergent ini menarik. Menarik untuk mengetahui seperti apa bila seluruh manusia dikelompokkan berdasarkan potensi yang dimilikinya. Namun, seperti apa yang diperlihatkan dalam film, sistem seperti itu memiliki kelemahan karena hanya mengakomodasi mereka yang dianggap sesuai dengan masing-masing faksi. Bagaimana dengan mereka yang berpotensi lebih dari satu atau terusir dari sistem yang ada (karena satu dan lain hal). Memangnya pemerintahan tidak bertanggung jawab atas mereka? Selain itu, pemisahan peran yang ekstrem akan memicu kecemburuan sosial (dilihat dari Erudite yang merasa paling pantas untuk mengendalikan pemerintahan).

Lagipula, bukankah lebih baik bila kita terus menyempurnakan diri dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada? Memang ada satu atau dua yang dominan, tetapi itu bukan berarti kita harus mengabaikan potensi lain. Misalnya, ketika kita menjadi orang baik dan cinta perdamaian, apa tidak boleh bila kita memiliki keberanian (Dauntless), kejujuran (Candor), kepintaran (Erudite), maupun sifat altruistik (Abnegation)? Saya rasa tidak tepat bila disimpulkan seperti itu.

Meskipun cukup panjang, Divergent enak untuk dinikmati karena banyak adegan aksi (yang membuat saya merinding, entah kenapa). Dauntless memang cukup gila kalau saya pikir-pikir, tetapi memang sesuai dengan kewajiban yang mereka emban. Chemistry Tris dan Four cukup terasa. Ketegangan pada bagian akhir film (saat proses pelacakan Divergent) juga lumayan membuat saya geregetan. Namun, rasanya beberapa adegan di bagian akhir (perlawanan Tris terhadap Jeanine) kurang emosional, entah karena durasi atau saya terbiasa menonton film Asia. Namun,  secara garis besar, film ini layak ditonton, terlepas dari adanya adegan yang cukup yah, begitulah (yang sering menonton film Hollywood mungkin tahu maksudnya).

Oya, tadi saya iseng mengecek faksi yang sesuai dengan kepribadian saya, dan hasilnya adalah Erudite dan Candor. Pas seperti yang saya bayangkan saat menonton film ini :).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s