[Light Novel] Tabi ni Deyou, Horobiyuku Sekai no Hate Made

Tabi_ni_Deyou_Covercredit

Judul novel ringan ini, dalam bahasa Inggris menjadi Our Journey to the End of  the Ceasing World. Ditulis oleh Tadahito Yorozuya dan ilustrasi dalam novel dibuat oleh Houmitsu. Novel ini berhasil menjadi salah satu finalis Dengeki Prize :).

Secara ringkas, novel ini mengisahkan petualangan seorang siswa dan siswi SMA berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain di Jepang. Saat itu, sedang merebak wabah penyakit misterius yang perlahan-lahan akan “menghapus” keberadaan siapapun yang menderita penyakit tersebut. Meskipun demikian, mereka berusaha untuk meninggalkan rutinitas yang biasa mereka jalani dan melakukan perjalanan dengan sebuah sepeda motor supercub bernama Cubby. Si siswa (dalam novel disebut the boy) bertugas mengendarai motor, mengecek mesin dan bahan bakar, serta pekerjaan mekanis lain. Sementara itu, rekannya (disebut the girl) mengurus bahan makanan dan menyiapkannya kapanpun rasa lapar mendera.

Tidak seperti novel ringan lain yang saya temukan, jumlah bab dalam novel ini tidak banyak: Prolog, Mimpi, Sayap, Perjalanan, Epilog, dan Penutup. Pada masing-masing bab (di luar prolog dan epilog), para tokoh utama yang tidak bernama ini akan beristirahat di suatu tempat dan bertemu dengan orang asing yang bersedia memberikan mereka tumpangan tempat tinggal dan keperluan lainnya. Seperti halnya mereka, para tokoh lain di dalam novel ini pun tidak bernama, serta umumnya juga menderita penyakit misterius itu dengan derajat yang lebih parah. Tidak, jangan bayangkan penyakit fisik yang umum terlihat di sekitar kita: penyakit ini akan menghapus nama, memudarkan foto, bahkan menghilangkan jejak keberadaan penderitanya melalui tulisan, benda, atau apapun. Saat “keberadaan” seseorang sudah sempurna lenyap, juga diikuti dengan menghilangnya memori yang terkait dengannya, maka tidak lama kemudian, orang tersebut akan “menghilang”.

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari novel ini. Misalnya, tentang menghargai waktu dan membuat jejak kehidupan kita sendiri dengan cara yang bermanfaat. Kemudian terselip pelajaran teknis tentang mempersiapkan perjalanan jarak jauh, mulai dari perbekalan, cara bertingkah laku dan beradaptasi, hingga masalah mesin (yang sejujurnya kurang saya pahami). Namun, tetap saja, hal itu tidak mengurangi nilai novel ini.

Tabi ni Deyou merupakan novel ringan, yang mungkin tidak penuh dengan diksi indah, karakter tokoh yang rumit, serta plot yang pelik dan memancing penasaran. Akan tetapi, tidak ada salahnya sejenak menempatkan kaki pada sepatu mereka, the boy dan the girl, dua orang anak SMA, yang pada usia 16 tahun sudah berani melakukan perjalanan tanpa supervisi orangtua maupun wali. Adanya wabah yang mengintai di belakang mereka tidak diratapi dan ditangisi, justru dijadikan semangat untuk mengisi hari demi hari dengan pengalaman baru yang bermanfaat.

Tim penerjemah Baka-Tsuki telah bekerja keras untuk menyelesaikan proyek penerjemahan novel ini dan saya berterima kasih kepada mereka :).

Bila Anda tertarik, Tabi ni Deyou (dalam bahasa Inggris) bisa dibaca secara gratis di tautan ini: http://www.baka-tsuki.org/project/index.php?title=Tabi_ni_Deyou,_Horobiyuku_Sekai_no_Hate_Made.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s