Puding Roti ala Pizza Hut

20141217_080220[1]

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Beberapa waktu lalu, saya sempat mencoba menu hot bread pudding di Pizza Hut bersama mama dan adik. Penantian kami untuk makanan yang satu ini lumayan panjang, perlu beberapa kali menanyakannya kepada salah seorang pramusaji, sementara makanan utama telah habis, sehingga kami harus bersabar. Namun, untungnya hot bread pudding yang disajikan tidak mengecewakan, dengan porsi pas dan tampilan yang mirip dengan di buku menu. Yang lebih penting lagi rasanya yang manis, lembut di dalam dan garing di luar (karena topping roti tawar yang dipotong dadu). Kalau dilihat dari tampilan dan rasanya, sih, seharusnya membuat puding roti sendiri tidak sulit, begitulah yang saya pikirkan waktu itu.

Untuk kali ini, saya tidak bisa memberikan resep dengan takaran yang pas karena saya lebih sering (dan senang) memasak dengan intuisi. Jadi, bila para pembaca ingin membuat puding roti tanpa harus khawatir gagal, silakan klik tautan ini. Namun, pada dasarnya, bahan yang perlu disiapkan untuk puding roti yang saya tampilkan di atas cukup sederhana yaitu:

  • roti tawar, sisihkan sebagian untuk dipotong dadu
  • susu cair (bisa dibuat dengan mencampurkan susu bubuk ke dalam air panas),
  • gula pasir (takarannya disesuaikan dengan tingkat kemanisan yang diinginkan)
  • bubuk vanili (tidak perlu banyak, cukup seperempat sendok teh)
  • chocolate chip atau cokelat batang cincang (saya menggunakan dark cooking chocolate)
  • keju parut
  • margarin untuk mengoles

Cara membuat:

Siapkan loyang aluminium, olesi dengan margarin. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat Celcius, api atas bawah.

Tata sebagian roti tawar di dalam loyang dengan saling bertumpuk (saya mencabik-cabiknya dengan tangan 🙂 ), kemudian basahi dengan susu cair. Tekan-tekan sampai susu terserap oleh roti. Taburkan chocolate chip/cokelat batang cincang, roti tawar yang dipotong dadu, dan terakhir keju parut di atasnya.

Panggang di dalam oven selama 10 menit (atau sampai permukaan puding roti terlihat kecokelatan). Keluarkan dan puding roti siap disajikan hangat.

 

Bagi saya pribadi, tampilan dan rasa puding roti ini mendekati aslinya. Hanya saja, bagian dalam puding tidak semuanya basah oleh cairan susu, mungkin karena saya hanya menggunakan satu gelas lebih susu (tidak sampai dua gelas). Saran saya, pastikan roti yang telah ditata di dalam loyang basah oleh cairan susu secara merata agar rasanya lebih enak dan lembut.

Oya, berhubung pada saat saya membuat ini masih ada stok vla puding di dalam kulkas, saya menambahkannya beberapa sendok makan untuk menambah rasa.

Selamat mencoba :).

2 thoughts on “Puding Roti ala Pizza Hut

Leave a Reply

