Memangnya Apa yang Kita Punya?

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Saya teringat dengan kajian yang diberikan seorang Ustadz pada Jum’at lalu. Beliau memaparkan salah satu pilar keimanan, yaitu bermanfaat bagi orang lain. Namun, hal paling berkesan yang saya dapatkan dari ceramah yang beliau sampaikan kala itu adalah analogi mengenai manusia dan segala hal yang ia miliki, tetapi sebenarnya tidak.
Saya sendiri termasuk yang acap lupa mengenai hal ini. Sebagai hamba yang lahir ke dunia ini tanpa membawa apa-apa, pada hakikatnya, semua hal yang melekat pada diri saya saat ini adalah pinjaman dari Allah swt. Maka, sepantasnya, tidak pantas kita mengutuk nasib, bahkan yang lebih buruk lagi, menyalahkan Allah saat pinjaman itu diambil kembali suatu saat.

Ustadz itu menganalogikan kondisi tersebut dengan seorang tukang parkir yang dibeti kepercayaan untuk menjaga mobil-mobil yang dititipkan oleh sang empunya. Meskipun si tukang parkir dititipi mobil-mobil mewah, apakah waras bila ia berteriak-teriak di depan semua orang, membanggakan mobil-mobil itu seakan-akan ia yang memilikinya? Tentu tidak, bukan? Tukang parkir mana pun akan ikhlas pula bila suatu saat sang pemilik mobil datang untuk mengambil mobil yang diparkirkannya, karena toh, mobil itu bukan si tukang parkir yang punya.

Mengenai rasa syukur seorang hamba kepada Allah, beliau pun punya analogi sendiri. Beliau bercerita tentang seseorang yang menitipkan mobil di bandara, saat si pemilik kembali, mobil itu berada dalam kondisi bersih setelah dicuci. Bila demikian halnya, si pemilik tentu tidak akan segan-segan untuk memberikan bayaran lebih atas penjagaan yang sangat baik terhadap mobilnya.

Demikian pula halnya dengan kita. Bila kita mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah swt, niscaya Allah akan menambahkannya.

Jadi, mari bersyukur sebagai seorang hamba, dan jangan sombong karena apa, sih, yang kita punya?

Semoga catatan ini bermanfaat bagi saya, dan juga, bagi para pembaca.

Advertisements

16 thoughts on “Memangnya Apa yang Kita Punya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s