Blog English Club dan Sebuah Kesan Tentangnya

wpid-wp-1420410897199

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Kurang lebih, sudah tiga minggu saya bergabung dengan Blog English Club, sebuah klub belajar bahasa Inggris untuk para narablog yang digagas oleh Kak Nita, Mas Dani, dan Mas Ryan. Setelah membiarkan otak saya dorman selama sebulan lebih, saya pikir sudah saatnya saya bergabung dengan komunitas baru serta mempelajari bahasa yang sudah saya pelajari sejak sekolah dasar itu. Prinsipnya, ada dua kegiatan utama yang dilakukan dalam klub ini: belajar bahasa Inggris via WhatsApp (WA) dan menulis satu tulisan dalam bahasa Inggris setiap Jumat (English Friday). Untuk membantu kami yang masih harus banyak belajar ini, ada empat orang mentor (atau istilah lainnya, Grammar Nazi) yang mengoreksi kalimat yang kurang pas dari segi tatabahasa dan mengajarkan bahasa Inggris dari dasar. Mereka adalah Mbak Mikan, Mbak Yo, Mbak Eva, dan Mbak Nana.

Awalnya, grup WA BEC bersifat bebas, mirip grup WA lainnya. Semua anggota bebas mengobrol dalam bahasa Inggris dengan gaya  masing-masing. Saya yang sudah lama tidak menulis dalam bahasa Inggris sempat kelabakan juga. Butuh proses berpikir yang lebih lama daripada mengobrol dalam bahasa Indonesia. Kemudian,  karena satu grup dirasa tidak cukup untuk mengakomodasi anggota yang ingin belajar, tetapi juga senang berbincang random, dibuatlah satu grup lagi khusus untuk berbincang (Chit Chat). Sementara itu, grup awal lebih difokuskan untuk tujuan belajar. Seiring perkembangannya, grup ini menambah dua admin lagi: Kak Deva dan Mas Andik. Beberapa aturan pun ditambahkan untuk memudahkan para anggota menyesuaikan jadwal belajar dan menyeragamkan format tulisan English Friday yang dibuat. Yang lebih kerennya lagi, BEC sudah memiliki blog sendiri untuk memuat tantangan English Friday, recap tulisan para anggota yang telah di-publish, dan rangkuman diskusi pelajaran bahasa Inggris yang ada di grup WA. Agar lebih mudah diakses, tautan postingan English Friday juga dibagikan melalui akun Twitter BEC.

English Friday merupakan suatu ajang untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dari mentor ke dalam tulisan. Tema tulisan yang dibuat beragam dan setiap anggota berkesempatan untuk menyumbangkan ide. Tidak berhenti sampai di sana, empat tulisan terpilih akan dibedah oleh para mentor sehingga baik si penulis maupun anggota lainnya bisa belajar dari tulisan tersebut. Bagi saya, apa pun temanya, menulis dalam bahasa Inggris sangat menantang. Saya merasakan aura kompetitif, entah dengan saya sendiri, maupun dengan anggota lain. Aura itu ‘memaksa’ saya untuk membuat tulisan yang baik, dpaat dipahami, dan unik. Namun, saya tidak bisa lekas berpuas diri karena ada banyak tulisan lain yang bagus. Dari sana, saya belajar untuk membuka diri terhadap perspektif baru, juga untuk membuat tulisan yang rapi dan sistematis. Saya pun merasakan deg-degan kala tulisan saya dibedah dan ternyata ada banyak kesalahan yang harus saya perbaiki. Berbekal saran dari para mentor, saya tidak ingin mengulang kesalahan yang sama pada tulisan-tulisan saya yang berikutnya. Saya semakin tertantang untuk menulis dengan lebih baik lagi.

Walaupun belum bisa mengikuti kegiatan BEC dengan optimal (kadang tidak aktif dalam diskusi, kadang belum sempat blogwalking), saya merasakan manfaatnya terhadap kemampuan bahasa Inggris saya. Memang belum meningkat drastis, tetapi setidaknya bisa mengasah lagi keterampilan yang sudah berkarat. Saya ucapkan terima kasih kepada admin, mentor, dan teman-teman anggota BEC karena telah mengikutsertakan dan menemani saya dalam perjalanan panjang ini. Semoga kita bisa tetap konsisten sampai akhir. Aamiin…

21 thoughts on “Blog English Club dan Sebuah Kesan Tentangnya

  1. Saya sedang merasa bersalah karena dua kali posting telat dan susah blogwalking huhuhu.. Tapi memang seru banget ya mba. Pertama kalinya saya aktif grup dengan orang-orang yang belum saya kenal namun sangat menyenangkan 🙂

    Like

    1. Nggak apa-apa, Mbak Sandrine, yang penting bisa memenuhi challenge-nya 🙂

      Iya seru banget. Aku biasanya gampang bosan, awal-awal aktif, terus ngilang. Tetapi BEC nggak bikin bosan.. dan semoga tetap seperti itu 🙂

      Liked by 1 person

  2. Semoga ilmunya bisa diamalkan, komunitasnya makin besar, dan bisa jadi contoh bagi orang-orang di luar sana yang sedang kesulitan belajar bahasa Inggris *coughmoicough*
    Nice post 🙂

    Like

Leave a Reply

