Tentang Hari Kebangkitan

( 5 )   Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah,

kemudian dari setetes mani,

kemudian dari segumpal darah,

kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna,

agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan,

kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya.

Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.

( 6 )   Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dialah yang haq dan sesungguhnya Dialah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu,

( 7 )   dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

(QS Al-Hajj: 5-7)

Advertisements

4 thoughts on “Tentang Hari Kebangkitan

  1. Assalamualaikum wr.wb,

    sebenarnya begini dik Ami,

    Dalam surat yasin Allah berfirman :
    77. [14] [15]Dan tidakkah manusia[16] memperhatikan bahwa Kami menciptakannya dari setetes mani[17], ternyata dia menjadi musuh yang nyata[18]!

    78. Dan dia membuat perumpamaan bagi kami[19]; dan melupakan asal kejadiannya[20]; dia berkata, “Siapakah[21] yang dapat menghidupkan tulang-belulang, yang telah hancur luluh?”

    79. [22]Katakanlah (Muhammad), “Yang akan menghidupkannya ialah Allah yang menciptakannya pertama kali[23]. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk[24],

    80. yaitu Allah yang menjadikan api untukmu dari kayu yang hijau, maka seketika itu kamu nyalakan (api) dari kayu itu[25].”

    81. Dan bukankah (Allah) yang menciptakan langit dan bumi[26], mampu menciptakan kembali yang serupa itu (jasad mereka yang sudah hancur itu)? Benar[27], dan Dia Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui[28].

    82. [29]Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

    83. Maka Mahasuci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu[30] dan kepada-Nya kamu dikembalikan.

    Allah tidak pernah menjanjikan bahwa manusia akan keluar dari kubur dan menyusun kembali tulang belulangnya.

    ayat diatas hanya menerangkan ada seseorang menanyakan(suatu perumpamaan) apakah jika mereka sudah menjadi tulang belulang bahwa Allah dpt menghidupkan mereka kembali?
    lantas Allah menjawab perumpamaan itu:
    79. [22]Katakanlah (Muhammad), “Yang akan menghidupkannya ialah Allah yang menciptakannya pertama kali[23]. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk[24],

    bahwa :penciptaan yg keduakalinya (manusia) tidak serupa dengan ciptaan yg pertama.

    jika Allah saja yg kekal apakah bumi akan kekal? tentu tidak bukan, semuanya akan musnah kecuali zat Allah yg maha Agung.

    wassalamualaikum wr.wb,

    ustad sayyid

    Like

    1. Wa’alaikumussalam wr. Wb. mohon maaf atas kesalahan sy dalam menangkap maksud pertanyaan ustad. Dari kutipan terjemahan ayat 7 surah Al-Hajj disebutkan bahwa Allah membangkitkan siapa pun yg ada di dalam kubur. Tidak ada maksud saya untuk menyatakan bhw bumi adalah kekal, melainkan karena ketergesa-gesaan saya dlm memahami pertanyaan. Terima kasih atas penjelasannya.

      Wallahu a’lam

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s