[Pharmonday] CC4 dan Cyt: Sama atau Berbeda?

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Bagi pembaca sekalian yang sering menonton atau membaca berita, mungkin sudah familiar dengan CC4. Senyawa yang menghebohkan karena dikemas dalam bentuk unik mirip prangko dan memiliki efek tiga kali lebih berbahaya dibandingkan ekstasi ini sebenarnya merupakan turunan cytisine. Dikenal pertama kali di Eropa Timur, cytisine justru digunakan sebagai obat untuk mengatasi kecanduan nikotin yang terkandung dalam rokok. Terus, kenapa CC4 dianggap sebagai zat terlarang? Hmm, saya belum bisa memuaskan keingintahuan saya sampai saat ini, tetapi, ada beberapa hal yang saya temukan terkait CC4 dan cytisine ini. Apa sajakah itu?

image
Credit: metro.news.viva.co.id

Sejarah singkat cytisine
Cytisine diambil dari biji Cytisus labornum (golden Rain Acacia). Senyawa ini dikembangkan sebagai obat untuk menghentikan ketergantungan terhadap rokok dengan harga relatif murah di negara-negara Blok Timur pada tahun 1950-an dan seterusnya dapat dijual bebas di Rusia.

Cara kerja dan efek Cytisine
Cytisine (Cyt) bekerja dengan merangsang reseptor kolinergik sensitif nikotin, sehingga dapat menyebabkan efek berupa rangsangan pada saluran napas dan memicu pelepasan adrenalin yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Seelah diserap dalam saluran cerna, cytisine berperan sebagai senyawa pengganti nikotin yang dapat mengurangi lama waktu interaksi antara nikotin dan reseptornya. Hal ini yang perlahan-lahan dapat menurunkan ketergantungan fisik dan psikis seseorang terhadap nikotin. Cytisine juga memiliki efek mirip senyawa antidepresan pada mencit jantan, tetapi belum terbukti memiliki efek serupa pada manusia.

Efek samping cytisine
Dosis tinggi cytisine dapat menyebabkan mual, muntah, pusing, denyut jantung meningkat, dan lemah otot.

Cytisine dikontraindikasikan bagi
Penderita aterosklerosis (penyumbatan dan pengerasan pembuluh darah), skizofrenia jenis tertentu, gangguan pada jantung dan pembuluh darah, serta hipertensi berat.

Pro-kontra cytisine
Meskipun cytisine telah diproduksi di Bulgaria dengan merek dagang Tabex, literatur ilmiah Inggris belum menyatakan perhatiannya untuk senyawa ini. Alasannya, ujicoba yang dilakukan untuk melihat dampak penggunaan cytisine pada manusia belum memenuhi standar.

CC4 dan kaitannya dengan cytisine
Nama lain CC4 adalah 1, 2 bis N cytisinylethane. Senyawa ini merupakan bentuk dimer dari cytisine. Dimer sendiri merupakan molekul yang terdiri dari 2 molekul penyusun (tolong koreksi jika saya salah).

Bahaya CC4
CC4 disebut memiliki efek depresi dan dapat menyebabkan penggunanya memiliki kecenderungan untuk bunuh diri. Senyawa ini juga disebut merupakan bagian dari new psychoactive substanceszat psikoaktif baru (zat yang memiliki efek terhadap kejiwaan seseorang). Dalam kelompok zat psikoaktif baru ini terdiri dari beberapa golongan, salah satunya senyawa kimia yang masih dalam penelitian. Hanya saja, saya belum bisa menemukan literatur yang menyatakan bahwa CC4 termasuk zat psikoaktif baru ini, sehingga saya belum bisa memaparkannya lebih lanjut.

Yang telah terbukti melalui penelitian adalah mengenai efek depresi, keinginan bunuh diri, dan perilaku bunuh diri yang dilaporkan terjadi pada pasien yang menggunakan varenicline. Varenicline merupakan satu senyawa turunan cytisine. Sementara CC4 merupakan senyawa yang masih dalam penelitian, sehingga belum diketahui apakah benar CC4 memiliki efek depresi seperti halnya varenicline. Saya belum menemukan artikel yang lebih baru daripada artikel M. Sala, dkk pada tahun 2013.

Beberapa tulisan yang saya temukan di internet mengandung informasi yang agak rancu terkait cytisine dan CC4. Saya harap tulisan ini bisa membantu bagi siapa pun yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kedua senyawa ini. Saya usahakan untuk melengkapi tulisan ini begitu literatur pendukung bisa diakses di lain kesempatan, insya Allah.

Semoga bermanfaat.

Referensi:
– Informasi tentang cytisine. http://www.treatobacco.net/en/page_485.php
– Liputan mengenai temuan CC4 dan bahayanya. http://m.cnnindonesia.com/nasional/20150411095051-12-45871/eropa-jadi-negara-asal-cc4-si-narkotik-pemicu-depresi-berat/
– Informasi mengenai http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1959230/#!po=40.3226
– Agonis reseptor kolinergik nikotinik. http://www.hindawi.com/journals/tswj/2012/104105/
– Informasi mengenai Tabex. https://www.tabex.net
-Keterangan terkait sifat fisika, kimia cytisine dan efek farmakologinya. http://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/cytisine
– Abstrak penelitian CC4 di Italia. http://www.abstractsonline.com/plan/ViewAbstract.aspx?mID=2773&sKey=01974272-ac96-4625-9cd0-0ecdd98651b0&cKey=347bebe9-5c33-4238-b980-3ac4f66f30de&mKey=8334be29-8911-4991-8c31-32b32dd5e6c8
– CC4 sebagai senyawa agonis parsial reseptor nikotinik selektif. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3631374/
– Efek tidak diinginkan yang ditemukan pada pasien yang menerima terapi ketergantungan nikotin (varenicline, bupropion, dan terapi pengganti nikotin). http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3206890/

Advertisements

5 thoughts on “[Pharmonday] CC4 dan Cyt: Sama atau Berbeda?

  1. Hih, lumayan bahaya juga ya efeknya. Senyawa turunan memang kadang-kadang punya sifat yang sama ya Mi dengan senyawa induknya, meskipun memang ada senyawa turunan yang betul-betul berbeda. Semoga obat ini cepat terungkap informasinya terus penggunaannya bisa bijak demi pengobatan penyakit, bukan buat yang aneh-aneh :hehe.

    Like

    1. Benar, Bli Gara.
      Yap, semoga terungkap efek CC4 ini (yang punya nama lain juga, DOC). Jadi ngeri membayangkan kreatifnya jaringan narkoba dalam mengemas produknya. Senyawa yang masih diteliti pun bisa disebarluaskan.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s