Menyerap atau Diserap?

image

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Entah sejak kapan saya senang menyimak suara narator dalam iklan televisi. Akhir-akhir ini, yang mengusik perhatian saya adalah soal kata menyerap. Kata ini sering digunakan dalam iklan produk perawatan kulit atau rambut. Misalnya, “krim ini menyerap ke lapisan kulit terdalam” atau “shampoo ini menyerap ke dalam inti rambut“. Namun, saya berpikir, bukankah menyerap adalah kata kerja aktif? Memangnya produk-produk itu yang menyerap zat tertentu saat bekerja? Bukankah pada kenyataannya krim atau shampoo itu yang justru diserap oleh kulit?

Saya sempat berpikir bahwa penggunaan kata menyerap dalam kalimat seperti itu tidak tepat. Agak kesal juga mengapa narasi iklan bisa menggunakan kata-kata yang kurang pas. Namun, kekesalan itu harus saya telan bulat-bulat karena menemukan penjelasan seperti screencap KBBI daring di atas.

Berarti, penggunaan kata menyerap dalam iklan-iklan itu sudah tepat, dong? Ah, jadi malu >.

Advertisements

20 thoughts on “Menyerap atau Diserap?

  1. Kalau menurut saya sih mungkin karena itu verba intransitif Mi (kode “ki” di screencap itu), jadi tidak membutuhkan objek dan diartikan juga tidak melakukan sesuatu terhadap objek itu (kalau butuh setahu saya namanya verba transitif). Tidak semua verba berawalan me- adalag verba transitif, contohnya seperti menyerap dan menangis (kalau menangisi jadinya transitif sih :haha).

    Liked by 2 people

    1. Iya, Bli. Aku mikirnya menyerap itu hanya verba transitif, ternyata nggak. Menangisi yg transitif kan beda dengan menangis yg intransitif,, walaupun beda akhirannya saja πŸ˜€

      Liked by 1 person

      1. Oh iya ya? :haha. Eh iya kalau kata kerja kan cuma digambarkan dengan “v” jadi tidak dibedakan antara verba transitif dengan verba intransitif :hehe.

        Like

    1. Hihi, maksudnya diserap hantu, Mbak. Diserap hantu artinya kemasukan roh jahat. Untuk kata diserap sendiri, ya, artinya biasa saja πŸ™‚
      Terima kasih atas infonya πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s