Menyerap atau Diserap?

image

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Entah sejak kapan saya senang menyimak suara narator dalam iklan televisi. Akhir-akhir ini, yang mengusik perhatian saya adalah soal kata menyerap. Kata ini sering digunakan dalam iklan produk perawatan kulit atau rambut. Misalnya, “krim ini menyerap ke lapisan kulit terdalam” atau “shampoo ini menyerap ke dalam inti rambut“. Namun, saya berpikir, bukankah menyerap adalah kata kerja aktif? Memangnya produk-produk itu yang menyerap zat tertentu saat bekerja? Bukankah pada kenyataannya krim atau shampoo itu yang justru diserap oleh kulit?

Saya sempat berpikir bahwa penggunaan kata menyerap dalam kalimat seperti itu tidak tepat. Agak kesal juga mengapa narasi iklan bisa menggunakan kata-kata yang kurang pas. Namun, kekesalan itu harus saya telan bulat-bulat karena menemukan penjelasan seperti screencap KBBI daring di atas.

Berarti, penggunaan kata menyerap dalam iklan-iklan itu sudah tepat, dong? Ah, jadi malu >.

20 thoughts on “Menyerap atau Diserap?

Add yours

  1. Kalau menurut saya sih mungkin karena itu verba intransitif Mi (kode “ki” di screencap itu), jadi tidak membutuhkan objek dan diartikan juga tidak melakukan sesuatu terhadap objek itu (kalau butuh setahu saya namanya verba transitif). Tidak semua verba berawalan me- adalag verba transitif, contohnya seperti menyerap dan menangis (kalau menangisi jadinya transitif sih :haha).

    Liked by 2 people

    1. Iya, Bli. Aku mikirnya menyerap itu hanya verba transitif, ternyata nggak. Menangisi yg transitif kan beda dengan menangis yg intransitif,, walaupun beda akhirannya saja πŸ˜€

      Liked by 1 person

      1. Oh iya ya? :haha. Eh iya kalau kata kerja kan cuma digambarkan dengan “v” jadi tidak dibedakan antara verba transitif dengan verba intransitif :hehe.

        Like

    1. Hihi, maksudnya diserap hantu, Mbak. Diserap hantu artinya kemasukan roh jahat. Untuk kata diserap sendiri, ya, artinya biasa saja πŸ™‚
      Terima kasih atas infonya πŸ™‚

      Like

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑