RBB – Mei 2015

DSCF3609

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Apa kabar? Sudah lama tidak menulis di blog ini, jadi seperti menumpuk beban di dalam kepala. Apalagi ini perkara utang postingan yang belum juga tertunaikan.

Bulan Mei, mungkin sering diplesetkan menjadi  bulannya ketidakpastian (Maybe yes, maybe no..haha :D). Namun, alhamdulillah, saya bisa membaca beberapa buku di bulan ini. Berikut daftarnya…

 

DSCF3606

1. Celebrating Fifty Years of Uniting Asian Pharmacists – Federation of Asian Pharmaceutical Associations

Editor: Paul Marvin T. Quizon, RPh., MS

Tahun cetak: 2014

Jumlah halaman: 119

Sinopsis:

Berawal dari Filipina, ide untuk mempersatukan para farmasis Asia muncul dari Dr. Paulino M. Taningco, presiden Asosiasi Farmasis Filipina kala itu. Beliau membicarakan ide tersebut dengan para sejawat di Jepang, Hongkong, Thailand, Singapura, dan Taiwan, tetapi tidak memberikan hasil yang nyata. Proyek ini dilanjutkan oleh presiden berikutnya, Mr. Lupicinio Ll. Campos, Sr. Pada Juni 1961, beliau menyusun proposal untuk mendirikan federasi farmasis Asia Tenggara. Meski telah disetujui oleh Menteri Luar Negeri Filipina, tetapi belum bisa terlaksana. Barulah setahun kemudian, Prof. Jose P.B. Gallardo mempelajari proyek-proyek yang belum rampung itu, lalu mempelajari proyek pembentukan federasi farmasis Asia lebih lanjut. Tahun 1962, beliau mendeklarasikan agar Asosiasi Farmasis Filipina yang dipimpinnya, ambil andil sebagai pemimpin organisasi Federasi Farmasis Asia. Setelah melalui proses yang panjang, Majelis Umum pertama FAPA akhirnya dilangsungkan pada April 1964 di Manila, hingga akhirnya terus berkembang sampai sekarang.

Ulasan singkat:

Saya kehabisan kata-kata setelah membaca buku ini. Salut dan kagum dengan perjuangan para founding members FAPA, yang telah memikirkan suatu cara agar para farmasis Asia bisa bersatu dan bergerak maju.

Setiap negara Asia memiliki tantangannya sendiri dalam melaksanakan profesi kefarmasian secara paripurna, baik negara-negara yang sudah maju maupun yang masih berkembang. Dengan adanya FAPA, semoga transfer ilmu dan pengalaman terus berlanjut dan setiap negara di Asia mampu memecahkan masalahnya.

DSCF3604

2. Kesaksian Seorang Dokter – dr. Khalid bin Abdul Aziz Al-Jubair, Sp. JP

Penerjemah: Muhammad Isnani, Lc.

Penerbit: Darus Sunnah

Cetakan: Kedua, 2006

Jumlah halaman: 178

Blurb:

‘Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Asyhadu alla ilaha illallah’… itulah suara adzan yang terdengar melalui stetoskop yang diletakkan di atas dada seorang pasien yang telah meninggal dunia.  Dokter Jasim al-Haditsy berkata,” Saya rasa suara itu adalah adzan subuh. Kemudian saya bertanya kepada salah seorang perawat, ’Jam berapa sekarang?’ Ia menjawab, ”Jam satu malam.” Saya tahu bahwa saat ini belum tiba saatnya adzan subuh, kemudian saya kembali meletakkan stetoskop di atas dadanya dan saya kembali mendengarkan adzan tersebut selengkapnya….

Ulasan singkat:

Masya Allah… mungkin itu yang bisa saya ungkapkan setelah membaca kisah-kisah dalam buku ini. Mereka yang seumur hidupnya melakukan amalan baik, akan dibalas dengan kebaikan pula. Mereka yang rajin beribadah, mampu menghadapi ujian sakit dengan sabar dan tawakkal. Lain halnya dengan mereka yang lalai, ada saja kesukaran yang dihadapi.

Sering saya lupa karena terlalu sibuk dengan hal-hal lain di luar ibadah, menyia-nyiakan kesehatan dan kesempatan. Sementara mereka di luar sana, ada yang terbaring sakit, tetapi semangatnya tidak surut dalam melakukan kebajikan. Semoga saya bisa meneladani mereka.

Kisah-kisah di dalam buku ini ditulis dengan bahasa yang mengalir dan enak dibaca. Setelah memaparkan suatu cerita, ada pembahasannya menurut ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits. Sayang, buku yang saya baca halamannya tidak lengkap :(.

DSCF3603

3. Memesan Kursi Tertinggi di Surga – Dr. Muhammad bin Ibrohim An-Nu’aim

Penerjemah: Jabir Al-Bassam

Penerbit: Wacana Ilmiah Press

Cetakan: Pertama, 2007

Jumlah halaman: 178

Blurb:

Meraih surga adalah cita-cita tertinggi seorang mukmin sejati. Selain sebagai sunnah nabawi, cita-cita seperti itu juga akan mampu mendongkrak semangat dan memberikan warna tersendiri dalam kehidupan di dunia ini. Tak ayal lagi, prestasi besar hanya akan diraih oleh orang-orang yang memliki cita-cita besar pula….

Ulasan singkat:

Adakalanya kita ingin meraih surga, tetapi malu dan minder dengan orang-orang shalih sebelum kita, lalu menjadi putus asa dan lemah semangat. Itu adalah perasaan yang harus dilawan. Justru kita harus semangat dan memiliki cita-cita tinggi dalam meraih surga, dengan meningkatkan amalan-amalan shalih, demikian salah satu hal yang ditekankan oleh penulis buku ini. 

Mulai dari pemaparan tentang surga dan tingkatan-tingkatannya, amalan-amalan yang dapat mengangkat derajat seorang mukmin di surga, hingga cara memlihara derajat di surga, semuanya dibahas dengan sistematis dalam buku ini, lengkap dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Hadits. Rasanya, tidak cukup hanya sekali membaca buku ini :).

langit-merbabu

4. Langit Merbabu – Rons Imawan

Format: e-book (PDF)

Jumlah halaman: v+100

Blurb:

Saat menanjaki gunung, rasanya seperti jabang bayi yang merangkak di rahim, mencari jalan keluar. Aku terlahir kembali ketika kaki ini berdiri di puncak tertinggi. Itulah jalan keluar.
Bersandar di sana selalu membuatku terdiam, tetapi jiwaku berarak ke angkasa merengkuh kebesaran. Selalu membuatku bergeming, tetapi batinku melolong meluapkan kekaguman.
Namun, di bawah langit Merbabu segalanya berubah dalam semalam. Firasat itu menunjukkan kuasanya lagi, dan aku benci ini selalu benar.
Langit, lelaki yang kutinggalkan di Jakarta memacu langkahku untuk menyelamatkannya. Akan tetapi, kenyataan yang kuhadapi bukanlah hal yang kuduga.
Aku harus terbunuh setiap hari dan selamanya saat kuketahui firasat itu meleset sempurna.

Ulasan singkat:

Seperti gunung-gunung yang lain, Gunung Merbabu pun menyimpan misteri. Dalam buku ini, penulis menggambarkan ‘misteri’ itu sebagai hal-hal yang mistis yang terjadi di sana. Penulisnya jago bermain kata-kata, membuat cermis (cerita misteri) ini puitis dan menyayat-nyayat, selain mencekam karena aroma-aroma mistisnya itu. Alurnya pas, dan soal ending-nya, saya tidak mau membocorkan di sini. Sayangnya, ada si Udin yang ‘nyelip’ di cerita ini, membuat konsentrasi saya sempat buyar. Udin ini adalah tokoh utama di buku The Fabulous Udin, karya penulis yang sama. Syukurlah munculnya hanya sekali di bagian awal.

Advertisements

4 thoughts on “RBB – Mei 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s