Jangan Lupakan Tahun Hijriah

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menyimak ceramah dari salah seorang ustadz. Kalau tidak salah, waktu itu belum masuk tahun 1437 H. Beliau mengatakan bahwa banyak umat Islam yang tidak mengenal penanggalan Hijriah. Hal yang patut disayangkan karena penanggalan ini umumnya hanya digunakan di institusi-institusi Islami. Padahal sebenarnya, penanggalan Hijriah ini sangat bermanfaat bagi umat Islam. Ya, bukan sekadar deretan angka di kalender, melainkan memiliki makna-makna tersendiri, di antaranya:

  • Lebih sadar dengan momen-momen tertentu yang terkait dengan ibadah

Ibadah-ibadah dalam Islam umumnya sangat terkait dengan penanggalan Hijriah. Misalnya puasa Ramadhan, haji, Idul Adha, puasa-puasa sunah (9 dan 10 Muharram, puasa Syawal, puasa Arafah, puasa pertengahan bulan, dll.). Jika hanya mengandalkan kalender Masehi, mungkin kita tidak menyadari bahwa sekarang sudah memasuki bulan Muharram 1437 H.  Atau tanpa sadar mungkin kita sering berucap, “wah, nggak terasa, sudah mau bulan puasa.” karena kita menjalani hari antara Ramadhan lalu dan Ramadhan mendatang seperti biasanya, karena tidak ngeh dengan penanggalan Hijriah. Bila terus dibiarkan, bisa-bisa umat Islam akan ketinggalan kesempatan untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan ibadah di momen-momen tersebut.

  • Senantiasa memperbaiki diri

Sebagai umat Islam, tentunya kita harus senantiasa memperbaiki diri agar tidak menjadi manusia merugi. Mengetahui penanggalan Hijriah merupakan salah satu cara untuk melakukan hal tersebut. Bila biasanya kita menganggap pertengahan malam adalah saat pergantian hari, dalam penanggalan Hijriah, pergantian tanggalnya justru diawali saat menjelang Maghrib. Malam tidak lagi semata dianggap perpanjangan waktu dari siang hari, melainkan saatnya memulai hari baru. Dengan demikian, kita akan berusaha agar target-target kita (terutama dalam hal ibadah) bisa terselesaikan sebelum Maghrib menjelang.

  • Mengingat momen hijrah Rasulullah (dan tipu daya kaum kafir Quraisy kala itu)

Penanggalan Hijriah dihitung sejak saat Rasulullah saw berhijrah ke Madinah. Kala itu, pemuka-pemuka kaum kafir Quraisy berusaha untuk membunuh Rasulullah di rumah beliau sebelum beliau berangkat. Namun, Allah menggagalkan tipu daya mereka, sehingga beliau bisa berangkat hijrah bersama Abu Bakar r.a. dan tiba di Madinah dengan selamat.

Dahulu, mereka yang tidak menyenangi Islam berusaha menggagalkan upaya Rasulullah dengan berbagai cara, termasuk dengan cara keras (penyiksaan terhadap pengikut Rasulullah, bahkan dengan membunuh mereka). Namun, kini, mereka berusaha untuk melemahkan umat Islam dengan cara-cara halus yang mungkin tidak disadari. Dengan mengingat momen hijrah Rasulullah, mudah-mudahan kita tidak terlena dengan kesenangan-kesenangan yang kelak merugikan kita.

Wallahu a’lam. Mudah-mudahan bermanfaat.

Advertisements

9 thoughts on “Jangan Lupakan Tahun Hijriah

  1. Beberapa tahun yang lalu masih sering pake penanggalan Hijriyah untuk nandain agenda atau nulis harian, tapi sekarang nggak pernah lagi. Baca ini jadi pengen balik intens pake penanggalan hijriah lagi, Mbak. Selain jadi lebih gampang inget hari-hari besar, sekaligus melestarikan warisan budaya Islam juga kaan. Hehehe.

    Like

  2. Bagusnya memang ada kalender Islam ya Mi, tapi kan ya sampai sekarang para ulama masih berbeda pendapat masalah menetapkan bulan baru.. metode hisab atau rukyat, kadang tanggal juga jadi beda. Disana jg kadang dilemanya.

    Like

    1. Iya, An, dilema jadinya. Kalau di kalender tahunan sepertinya berdasarkan hisab ya. Mudah-mudahan perbedaan metode itu bukan jadi sumber perpecahan. 🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s