Sebuah Peringatan

Bismillaahirrahmanirrahiim…

Bahwasannya setiap yang bernyawa pasti akan mati
Aku tahu
Bukankah sudah tertulis dalam lembaran kitab suci?
Namun,
Aku kerap alpa
Menganggap masa depan dapan dijangkau oleh tingginya cita
Besarnya harapan
Jauhnya visi
Dalamnya tekad
Aku kerap alpa
Bahwa maut akan mendatangi kita satu persatu
Tak peduli tua belia
Tak peduli papa mau pun kaya
Aku kerap alpa
Bahwa ketimbang menyongsong masa depan yang datang entah kapan
Aku harusnya lebih risau
Akan jatah waktu yang habis
Akan ajal yang tiba
Akan nyawa yang tercerabut
Meninggalkan raga yang
Kosong
Hampa

Aku harusnya mengingat kematian selalu
Mempersiapkan bekal dengan cukup
Karena perjalanan setelahnya sangatlah panjang

Bukannya menghabiskan diri dengan angan terlambung
Dada membusung
Seolah mati hanya datang pada mereka yang menderita oleh penyakit
Atau renta oleh usia

Allah,
Aku malu.

-saya tersentak kala mendengar kabar kematian yang berturut-turut sejak tadi subuh-
Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi pengingat bagi diri.

2 thoughts on “Sebuah Peringatan

Leave a Reply

