Ada Apa dengan Mereka?

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Terpikirkan oleh saya perkara perilaku seorang pelajar ini sebab dua hal. Pertama, Hari Pendidikan Nasional yang telah lewat sehari. Kedua, dari pengalaman yang saya alami sendiri.

Biasanya, begitu memasuki Hardiknas, saya teringat dengan kejujuran yang kerap dipertanyakan begitu musim ujian akhir menjelang. Namun, kini, ada yang menjadi pikiran saya yaitu masalah perilaku, khususnya masalah adab.

Entahlah apakah ini karena perasaan saya atau apa, saya melihat cukup banyak pelajar (dalam kasus saya, mahasiswa), yang tidak menunjukkan perilaku yang baik sebagai seorang penuntut ilmu. Bila diberi tugas, dikerjakan sekadarnya, itu pun disertai tawar-menawar yang cukup alot. Bila disuruh membawa perlengkapan tertentu, malah tidak dibawa dengan berbagai alasan (terkadang seakan membandel, sengaja tidak melakukannya seperti yang disuruh). Bila mendapat nilai yang lebih rendah dibanding teman-temannya, langsung komplain, tetapi sulit untuk refleksi diri (apakah tugas/ujian yang dikerjakan memang sudah maksimal atau belum). Bila ditegur, kadang mendongkol. Bila bosan mendengar kuliah dari dosen, mereka menampakkan wajah bosan, disertai ulah-ulah lain (entah itu mengobrol, bolak-balik keluar kelas, selfie, dsb.). Tak jarang satu atau dua dari mereka meminta izin keluar kelas begitu kuliah usai, padahal dosen masih berada di kelas untuk menjelaskan berbagai hal atau menyampaikan pengumuman.

Tak jarang saya menghela napas karenanya. Memang tidak semuanya seperti itu, tetapi jumlahnya yang cukup banyak (dan ulah mereka yang cukup kentara), mau tidak mau membuat saya membandingkannya dengan apa yang saya alami ketika menjadi mahasiswa.

Saya akui, saya bukan tipe mahasiswa teladan. Adakalanya saya mengantuk karena bosan, adakalanya saya terlambat mengumpulkan tugas, adakalanya saya mencuri-curi waktu untuk mengobrol sementara dosen menerangkan. Namun, saya dan teman-teman waktu itu masih menaruh respect kepada para dosen, setidaknya ketika berhadapan dengan beliau-beliau itu. Entahlah karena jarak usia yang terpaut jauh, tetapi mungkin tidak juga. Beberapa dosen yang lebih muda masih mendapat respect yang sama. Pun, perkara tugas dan laporan biasanya dikerjakan semaksimal mungkin. Definisi maksimal ini tentunya berbeda untuk setiap individu, tetapi setidaknya dibuat dengan rapi mengikuti format yang telah ditetapkan atau telah menjadi kebiasaan. Sebagian besar mahasiswa biasanya sudah berada di dalam kelas sebelum kuliah dimulai dan biasanya tidak ada yang keluar kelas sebelum dosen meninggalkan kelas.

Mengapa bisa seperti ini?

Mungkinkah pada jenjang pendidikan sebelumnya mereka tidak dibiasakan untuk disiplin?

Mungkinkah karena pengaruh teknologi yang bisa diakses melalui gawai dalam genggaman tangan?

Mungkinkah karena dosen yang kurang mampu mengkondisikan kelas?

Jawaban untuk ketiga pertanyaan itu bisa berupa ya, bisa pula tidak. Dua masalah pertama mungkin sulit untuk dikendalikan, mengingat mereka sudah menyelesaikan pendidikan dari SD hingga SMA. Pun teknologi, memangnya siapa yang bisa membatasi? Namun, untuk yang ketiga, agaknya masih ada harapan untuk diintervensi.

Jarak usia antara dosen dengan mahasiswa tak jarang membuat interaksi yang terjadi lebih luwes dan terasa nyaman (kadang kelewat nyaman, malah). Menurut saya, di sinilah peran dosen untuk menjaga agar keluwesan itu tidak berbuah petaka alias membuat mahasiswa menjadi terlalu dekat dan kehilangan rasa segan terhadap dosen. Untuk caranya, mungkin masing-masing dosen lebih tahu. Entah itu dengan membatasi candaan atau obrolan yang tidak ada substansinya. Entah itu dengan bersikap tegas di lingkungan kampus, dan sebagainya.

Beda zaman, beda pula tantangannya. Semoga tantangan ini tidak membuat para pengajar dan pendidik lekas patah semangat dalam bertugas.

p.s.:

Selamat Hari Pendidikan Nasional!

One thought on “Ada Apa dengan Mereka?

Leave a Reply

