Yang Berbeda Pada Ramadhan Kali Ini

Ramadan, eid al fitr, eid al adha, Ramadan Mubarak , Ramzan
credit: ramadanblessings.com

Bismillaahirrahmaanirrahiim…

Sebenarnya tiap Ramadhan datang pun, suasananya tetap berbeda. Jika diingat-ingat lagi, menjalankan ibadah Ramadhan sebagai siswi SD, SMP, SMA, dan kuliahan tentu berbeda. Pun demikian halnya jika pada waktu itu sedang tidak memiliki pekerjaan (yang saya rasakan tahun kemarin).

Tahun kemarin, saya banyak menghabiskan waktu di rumah. Godaan terbesar adalah kasur dan tidur. Saya bisa membagi waktu sesuka saya karena toh saya belum terikat pada instansi manapun. Namun, tahun ini, dengan aktivitas yang lebih banyak di luar, tentunya membagi waktu menjadi tantangan tersendiri karena ada tugas di luar rumah yang harus diselesaikan.

Menjalani bulan Ramadhan sambil bekerja sebenarnya adalah hal yang baru bagi saya. Salah satu hal positifnya adalah jadi terbiasa untuk jauh dari kasur. Selain itu, bulan Ramadhan dan ibadah puasa juga membuat saya lebih fokus. Biasanya setiap aktivitas seakan dijeda oleh makan atau snacking. Jadwal masuk kuliah pun bisa lebih cepat karena tidak butuh waktu istirahat siang yang cukup lama.

Apapun itu, semoga bulan Ramadhan ini lebih baik dibandingkan sebelumnya. Yang harusnya berbeda, tentu saja, semangat menjalaninya :).

2 thoughts on “Yang Berbeda Pada Ramadhan Kali Ini

Leave a Reply

