New Force, Perhaps?

Beberapa bulan belakangan, saya merasa semakin sering berpikir (dan memendam pertanyaan-pertanyaan seorang diri) dan semakin jarang menulis. Ada hal-hal krusial yang sayangnya baru terpikirkan sekarang dan saya menyesalinya karena itu. Namun barangkali saya tak perlu sedemikian menyesal karena agaknya inilah takdirnya. Bahwa saya, pada tahun ini, harus menghadapi riak-riak, masalah-masalah, dan kejutan-kejutan yang sedikit banyaknya dipengaruhi oleh apa-apa yang saya pilih sebelumnya.

Baiklah, mudah-mudahan tidak terdengar terlalu depresif.

Barangkali yang saya syukuri adalah kedatangan orang-orang baru di tempat saya bekerja. Sebenarnya tidak terlalu baru juga jika dihitung dalam ukuran hari, minggu, bahkan bulan. Mereka yang datang dari berbagai latar belakang datang sebagai orang yang masih segar pemikirannya, dengan segala karakteristiknya masing-masing, ikut mewarnai kehidupan kerja saya yang sebelumnya lumayan membuat stres. Memang hasilnya tidak serta-merta membuat beban pikiran saya hilang, tetapi kedatangan mereka disusul dengan diskusi-diskusi, kegiatan-kegiatan, dan gagasan-gagasan yang beresonansi dengan idealisme saya. Saya merasa diyakinkan sekali lagi bahwa idealisme tak serta-merta mati begitu seseorang menginjak dewasa dan mengakhiri pendidikan sarjananya. Mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan justru punya kesempatan yang lebih banyak untuk mempertahankan nilai-nilai yang seharusnya dipegang teguh, alih-alih menyerah begitu mudah pada keadaan, pada tuntutan pihak luar yang dapat mencederai esensi suatu proses pendidikan itu sendiri.

Saya merasa beruntung dengan kehadiran mereka, sebuah kekuatan baru, kalau boleh saya menyebutnya. Mudah-mudahan semakin hari saya semakin dikuatkan untuk menghadapi tantangan yang menanti di depan.

Ciao!

Advertisements

7 thoughts on “New Force, Perhaps?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s