2019 Year in Review

Sudah 365 hari berlalu sejak tahun ini dimulai. Boleh dibilang pada tahun ini, kehidupan saya cukup berubah drastis dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Dalam beberapa paragraf berikut, saya akan berbagi rangkuman perjalanan saya dalam setahun ini.

Resign dari PTS, mulai bekerja di kampus almamater

Alhamdulillah, di awal tahun ini saya dinyatakan lulus tes CPNS dosen di Universitas Andalas (Unand). Oleh karena itu, saya resmi mengundurkan diri dari kampus sebelumnya setelah menyelesaikan tugas dan kewajiban. Pindah ke Unand juga berarti saya kembali ngekos setelah beberapa tahun terakhir tinggal di kampung halaman. Secara umum tidak ada kesulitan yang berarti selain di awal-awal sempat tercengang dengan Pasar Baru dan sekitarnya yang semakin ramai saja.

Saya sudah menceritakan rasanya bekerja di lingkungan baru dan teman-teman baru. Secara keseluruhan cukup mengasyikkan meskipun bukannya tanpa tantangan. Biasalah, namanya dunia kerja. Namun, yang saya syukuri adalah saya menemukan inner circle baru yang asyik untuk berbagi suka dan duka. Selain itu, kesempatan pelatihan juga datang silih berganti meskipun saya tak pernah ikut konferensi/seminar di luar kota seperti tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini pun, saya dan teman-teman mendapat tugas ‘besar’ yang dikerjakan bersama-sama. Semoga tahun depan, program studi tempat kami bernaung a.k.a. homebase kami bisa diakui di tingkat regional, aamiin.

Melihat ke dalam diri

Dari segi pribadi, saya belajar untuk lebih bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Selain itu, saya juga mencoba untuk mendalami passion saya, pharmacy education. Sampai sekarang saya ingin sekali mendalami bidang ini secara formal, meskipun belum menemukan jalannya seperti apa. Paling tidak, saya mengusahakan untuk terus terpapar dengan isu-isu di bidang ini dan berdoa agar Allah menunjukkan jalan terbaik untuk saya.

Tahun ini, saya mengikuti Kelas Pemikiran Islam untuk membantu saya dalam membenahi kerangka pikir dan pandangan hidup. Dunia akademisi yang penuh wacana-wacana kontemporer membuat saya kadang gamang. Alhamdulillah, materi yang diberikan membantu saya untuk tidak terhanyut dalam pemikiran sofistik dan menyimpang lainnya.

Selain itu, saya mulai menggeluti bacaan dengan lebih serius. Bacaan fiksi tidak lagi menjadi satu-satunya favorit; bahkan saya cenderung lebih mengejar buku non fiksi karena merasa butuh untuk mengembangkan wawasan. Alhasil tahun ini saya membaca lebih banyak buku non fiksi ketimbang sebelumnya (dan entah kenapa saya jadi cenderung lebih ‘pemikir’ dan menyukai esensialisme dibandingkan dulu).

What’s next?

Saya ingin tetap meneruskan kebiasaan baik yang saya mulai di tahun ini. Membaca dengan lebih serius, menulis dengan lebih serius. Saya juga ingin lebih menghayati ibadah dan membaca Al-Qur’an. Profesionalisme bekerja insya Allah akan ditingkatkan dan jejaring juga akan lebih diperluas. Semoga Allah memberikan hidayah untuk selalu memperbaiki diri serta kesabaran dan rasa syukur untuk menghadapi berbagai hal. Terakhir, semoga ada rezeki bagi saya untuk sekolah lagi dan mudah-mudahan bertemu teman hidup juga, aamiin.

Tahun ini, ada banyak huru-hara dan musibah yang menimpa saudara-saudara kita di berbagai belahan dunia. Palestina, Suriah, Rohingya, Uyghur, dan tempat-tempat lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Semoga Allah menjaga mereka dan membalas kejahatan musuh-musuh Islam yang berbuat kerusakan di muka bumi, aamiin….

4 thoughts on “2019 Year in Review

    1. Alhamdulillah..makasih doanyaa. Untuk jadi PNS (dari status CPNS) ada prosesnya lagi…semoga Allah mudahkan. Doa yang sama buatmu ya. Semoga tercapai harapanmu dan menjadi insan yang lebih baik lagi

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s