[Pharmonday] Vaksinasi di Indonesia dan UK

image

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Sudah dua pekan Pharmonday libur karena satu dan lain hal. Maafkan saya, ya. Insya Allah ini jadi awal yang baru untuk rubrik ini.

Untuk menjawab rikuesan dari Mbak Ziza yang bertanya tentang perbedaan vaksinasi di Indonesia dan UK, saya mencoba untuk merangkumnya dalam bentuk tabel sebagai berikut.

Jadwal imunisasi di bawah ini diambil dari sini, yang bersumber dari Permenkes No. 42 tahun 2013. Sementara itu, jadwal vaksinasi di UK diambil dari sini dan sini. Perlu diingat bahwa jadwal imunisasi di Indonesia yang dimuat di dalam tabel merupakan imunisasi rutin, tidak mencakup imunisasi pilihan. Informasi mengenai jadwal imunisasi yang lebih lengkap (rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia tahun 2014) ada pada tabel yang bisa diunduh di sini.

image

image

Dari tabel tersebut, bisa dilihat bahwa sebenarnya vaksin yang diberikan di kedua negara hampir sama, yang membedakan hanya jenisnya: apakah termasuk vaksinasi rutin atau pilihan. Di Indonesia, vaksin PCV, Rotavirus, vaksin influenza, vaksin HPV, dan MMR termasuk imunisasi pilihan. Sementara itu, vaksin Hepatitis B dan BCG di UK hanya diberikan untuk bayi yang berisiko, padahal di negara kita, kedua vaksin itu termasuk salah satu bagian imunisasi dasar lengkap.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

26 thoughts on “[Pharmonday] Vaksinasi di Indonesia dan UK

  1. Karena kondisi dan perbedaan di masing-masing negara sih ya yang bikin adanya perbedaan vaksinasi ini. Bisa jadi satu penyakit masih banyak ditemui di sini tapi tidak di sana. Gitu ya Ami? Pharmondaynya keren!

    Liked by 2 people

      1. Nggak apa-apa, kok, Mas Dani. Komennya cuma masuk 1 kali, kok :D.
        Iya, tergantung penyebaran penyakit di masing-masing negara, sepertinya. Makasih, Mas, semoga bisa konsisten :).

        Like

    1. Haha, aku sampai stres gara-gara uploading postingannya lama banget, Mas, takut lewat jam 12 malam 😀
      Iya, tergantung kondisi masing-masing negara 🙂 Makasih atas semangatnya, Mas Ryan :).

      Liked by 1 person

    1. Dari beberapa sumber yg kubaca, bisa disusul, Bli, seandainya terlewat. Cuma biasanya diberlakukan ketentuan khusus kalau lewat dari waktu yang dianjurkan, misalnya vaksin BCG yang kalau diberikan pada bayi >3 bulan, harus tes tuberkulin dulu.

      Like

    1. Iya, vaksin pentabio itu 5 vaksin yang digabung jadi satu. Isinya vaksin DPT-HB-Hib untuk mencegah difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan infeksi Haemophilus influenzae tipe b 🙂
      Senang bisa membantu 🙂

      Like

    1. Kalau masalah kemakmuran kurang tahu juga, sih,, Mas. Tapi bisa jadi juga sih, kemakmuran mungkin ada kaitannya dengan gaya hidup sehat dan higienis. Hanya opini saya saja, Mas 🙂

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s