Tahun 2021 lalu adalah tahun yang penuh pembelajaran bagi saya.

Pertama kali merasakan dampak COVID-19 pada keluarga. Kedua orang tua terkonfirmasi positif dan mendapatkan perawatan di rumah sakit, dan ayah saya terkena kasus yang cukup berat sehingga butuh pemulihan yang lebih lama. Merasakan beratnya hari-hari yang harus dijalani saat orang tua sakit, tetapi alhamdulillah, Allah masih menakdirkan kami berkumpul lagi. Instansi tempat saya bekerja juga sangat memberikan dukungan, dengan penyesuaian tugas-tugas tertentu dan fleksibilitas bekerja dari rumah.

Pertama kali juga mendaftar beasiswa pemerintah dengan masa persiapan yang terbilang singkat. Meski belum lulus, alhamdulillah banyak hal yang saya pelajari selama prosesnya. Mulai dari niat, usaha, hingga tawakkal dan bersabar menerima hasil yang diperoleh.

Tahun ini juga pertama kali mendapatkan hibah penelitian dosen pemula sebagai Ketua. Tidak mudah mengelola penelitian dengan pertanggung jawaban dana ini. Meski kejar-kejaran di akhir tahun, alhamdulillah bisa menjawab pertanyaan reviewer dengan cukup baik.

Publikasi cukup terkendala, tetapi tahun ini berhasil menerbitkan 1 artikel prosiding, presentasi di 2 seminar/konferensi, dan 1 artikel populer. Tahun ini juga saya mengalami beberapa kali penolakan terhadap manuskrip yang telah diserahkan. Semoga tahun depan bisa publikasi lebih banyak.

Dengan perubahan status sebagai PNS serta jabatan fungsional yang sudah aktif, tahun ini saya juga mendapat kesempatan untuk mengajar di kelas (bukan praktikum seperti biasanya). Saya juga mendapat mahasiswa PA perdana, bimbingan skripsi perdana, dan bimbingan PKPA perdana. Cukup menantang juga harus mengelola energi untuk berbagai tugas di waktu yang bersamaan. Semoga ke depannya bisa melakukannya dengan lebih baik lagi.

Tahun ini, saya juga sempat kehilangan minat terhadap berbagai hal, bahkan sedihnya, terhadap buku dan membaca. Alhamdulillah, menjelang akhir tahun, pelan-pelan bisa membaca buku lagi. Saya juga sempat membuat dua episode podcast singkat, tetapi belum ada episode baru.

Akhirnya, saya berharap dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan sabar dalam berproses di tahun 2022 ini. Semoga para pembaca pun demikian.

2 thoughts on “2021 Year in Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s